• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X.4 SMA NEGERI GRUJUGAN TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Niken Puspita Sari_070210102082.pdf (190.5Kb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    Puspita Sari, Niken
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas X.4 SMA Negeri Grujugan tahun ajaran 2010/2011 yang dimulai tanggal 17 Mei 2011 sampai dengan 3 Juni 2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa prosentase aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu masingmasing 72.71% dan 82.37%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 82.61%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 19 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 4 siswa. Sedangkan analisis hasil belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 91.30%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 21 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 2 siswa. Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas X.4 SMA Negeri Grujugan tahun ajaran 2010/2011.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1498
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository