• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Mi Hidayatuddiniyah Wuluhan Kab. Jember Tahun Pelajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (1)bb_1.pdf (393.7Kb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    Ika Nur Fitriana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran IPS masih banyak siswa merasa kesulitan dalam memahami materi dalam pembelajaran IPS. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru cenderung monoton yaitu ceramah, penugasan sehingga kurang mengaktifkan siswa secara keseluruhan. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS siswa khususnya siswa kelas IV pada pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi. Oleh karena itu guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik, membuat siswa menjadi lebih bertanggung jawab dan mampu bekerja sama dalam berdiskusi, dapat memahami materi pembelajaran dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat memberikan kondisi belajar yang menyenangkan, membantu kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal, sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta dapat membantu siswa dalam memahami materi perkembangan tekhnologi transportasi melalui belajar secara berkelompok. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV semester genap di MI Hidayatuddiniyah wuluhan tahun pelajaran 2010/2011?; (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IV semester genap di MI Hidayatuddiniyah wuluhan tahun pelajaran 2010/2011?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS pada pokok perkembangan teknologi transportasi serta pengalaman menggunakannya melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV semester genap di MI Hidayatuddiniyah wuluhan Kab. Jember tahun pelajaran 2010/2011; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi serta pengalaman menggunakannya melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV semester genap di MI Hidayatuddiniyah wuluhan Kab. Jember tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV MI Hidayatuddiniyah Wuluhan Kab. Jember yang terdiri dari 20 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 7 April sampai dengan 25 April 2011. Data yang dikumpulkan berupa penilaian tes individu. Pada siklus I presentase aktivitas belajar 52,5% dan pada siklus II persentase aktivitas belajar sebesar 80,33%. Peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 30,83%, Secara klasikal memenuhi kriteria yang di tetapkan yaitu aktif. Hasil belajar pada pembelajaran siklus I ke siklus II juga meningkat, pada siklus I persentase hasil belajar sebesar 50%, siklus II persentase hasil belajar sebesar 90% jadi memenuhi SKM yang di tetapkan MI Hidayatuddiniyah Wuluhan yaitu sebesar 65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar pada pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi, persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I yaitu 50% dengan siswa tuntas 10 dari 20 siswa dan siklus II yaitu 90% dengan siswa tuntas 18 dari 20 siswa. Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, menumbuhkan interaksi yang baik antar siswa, sehingga dapat saling membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14958
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository