• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL POE (PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION) DISERTAI TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Mutmainnah Nur Hidayati.pdf (650.3Kb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    Nur Hidayati, Mutmainnah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping dengan menggunakan Simpo PDF Merge and Split Unregistered Version - http://www.simpopdf.com model pembelajaran konvensional di SMP. (2) mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Jember dengan populasinya adalah empat kelas. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling, dengan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama adalah menggunakan uji t, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji diperoleh nilai pada taraf signifikasnsi 5%, yaitu dan , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh rata-rata aktivitas siswa secara klasikal sebesar 72,61% dan termasuk pada kategori aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran 2011/2012, adapun mean hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 31,36 dan mean hasil belajar kelas kontrol sebesar (2) aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jember tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model POE (Prediction, Observation, Explanation) disertai teknik Mind Mapping termasuk dalam kategori aktif. Dengan persentase aktivitas belajar fisika rata-rata sebesar 77,78%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1495
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository