ANALISIS PERSEPSI DAN POSISI MEREK PRODUK MAKANAN KUCING MEREK WHISKAS, FRISKIES, PROPLAN, dan SCIENCE DIET pada KONSUMEN PECINTA KUCING di KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan posisi produk
makanan kucing instan jenis biskuit konsumen pecinta kucing di kota Jember.
Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah produk, harga, promosi,
lokasi, dan cita rasa masing-masing produk makanan kucing instan jenis biskuit.
Teknik analisis yang dipergunakan adalah Multidimensional Scaling (MDS)
dengan menggunakan SPSS 17 for windows. Penelitian dilakukan dengan cara
mengambil responden sebanyak 60 responden dengan metode purposive
sampling. Responden berasal dari kabupaten Jember. Data yang diperoleh diuji
menggunakan analisis MDS untuk mengetahui keandalan dan kesahihan,
hasil peta
positioning produk makanan kucing instan jenis biskuit (Whiskas, Friskies,
ProPlan, dan Science Diet) berdasarkan persepsi konsumen, dan kesamaan sikap
responden dalam memberikan penilaian. Berdasarkan hasil analisis terdapat
perbedaan posisi masing-masing produk makanan kucing instan jenis biskuit
berdasarkan persepsi konsumen dan menunjukkan bahwa produk makanan kucing
instan jenis biskuit tidak memiliki pesaing langsung dari segi produk, harga,
promosi, dan lokasi. Hal ini terjadi karena masing-masing merek memiliki
perbedaan terbesar atau diferensiasi yang jelas dan unik