dc.description.abstract | Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran, sebagai seorang
guru sekolah dasar di suatu sekolah, kita akan selalu dan terlibat dalam pembelajaran
matematika di sekolah. Keterlibatan ini menjadikan pembelajaran matematika begitu
penting untuk diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk
membekali mereka dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan
kreatif serta kemampuan bekerjasama. Kenyataan yang sering terjadi, banyak orang
yang tidak menyukai matematika, termasuk anak-anak yang masih duduk di bangku
sekolah dasar. Mereka menganggap bahwa matematika sulit dipelajari, soal yang
diberikan terlalu banyak serta ada yang menyatakan bahwa gurunya tidak
menyenangkan dan galak. Anggapan ini menyebabkan mereka semakin takut untuk
belajar matematika. Selain itu, sikap seperti ini pasti akan mengurangi perhatian
peserta didik selama mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media kartu
bergambar dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan
keterampilan sosial dan membantu siswa dalam memahami materi perkalian melalui
belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Rumusan
masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran
kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas
III SDN Karangsari 01 Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2010-2011; (2)
Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan media kartu
bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas III SDN karangsari 01
Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2010-2011; (3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa kelas III SDN Karangsari 01 Kabupaten Lumajang setelah pembelajaran
kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian Tahun
Ajaran 2010-2011. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui
penerapan pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok
bahasan perkalian siswa kelas III SDN Karangsari 01 Kabupaten Lumajang Tahun
Ajaran 2010-2011; (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran
kooperatif dengan media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas
III SDN Karangsari 01 Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2010-2011; (3) Untuk
mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah pembelajaran kooperatif dengan
media kartu bergambar pada pokok bahasan perkalian siswa kelas III SDN
Karangsari 01 Kabupaten Lumajang Tahun Ajaran 2010-2011.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangsari 01 kelas III yang terdiri 34
siswa, 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak
dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Data yang dianalisis terdiri dari: aktivitas guru, aktivitas siswa dan
ketuntasan hasil belajar siswa, berturut-turut menggunakan rumus: Pg =
Pa =
𝐴𝐴
𝑁𝑁
𝑥𝑥 100% Pdan P =
𝑛𝑛
𝑁𝑁
𝑥𝑥 100%
ix
.
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 10 Desember 2010 sampai
dengan 18 Desember 2010. Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas guru,
aktivitas siswa, dan tes individu. Siklus I pertemuan 1, aktivitas guru mencapai
61,11%, aktivitas siswa mencapai 55,88%. Siklus I pertemuan 2, aktivitas guru
mencapai 72,22%, aktivitas siswa mencapai 61,76%. Siklus II pertemuan 1, aktivitas
guru mencapai 83,33%, aktivitas siswa mencapai 76,47%. Siklus II pertemuan 2,
aktivitas guru mencapai 94 44%, aktivitas siswa mencapai 88,24%. Analisis hasil Pre
Tes 44,11%, Siklus I pertemuan 1 mencapai 64,71%, Siklus I pertemuan 2 mencapai
70,59%, Sedangkan pada Siklus II pertemuan 1 79,41% dan pada Siklus II pertemuan
2 telah mencapai 85,29%.
𝑔𝑔
𝑀𝑀
𝑥𝑥 100% , | en_US |