PELAKSANAAN ADMIMNISTRASI TABUNGAN BRITAMA PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA ( Persero ) Tbk. UNIT GAJAH MADA CABANG JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata dan data-data yang
didapat serta dari wawancara pada waktu Praktek Kerja Nyata selama 18 hari
( 144 jam efektif di PT. Bank Rakyat Indonesia ( Persero ) Tbk, Unit Gajah Mada
Cabang Jember mengenai “ Pelaksanaan Administrasi Tabungan Britama” maka
dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.
1. Bagi pembukaan tabungan harus mengisi dokumen-dokumen yang telah
disediakan dan harus diisi sendiri oleh nasabah. Bagi nasabah yang tidak bisa
baca tulis akan dibantu oleh Deskman untuk menulis dan membacakan apa
saja yang harus diisi. Nasabah apabila tidak bisa tanda tangan akan dibantu
untuk cap jempol. Cap jempol harus sama dengan yang ada di Identitas yang
digunakan pada saat itu artinya apabila di Idenitas nasabah mengunakan tanda
tangan maka di dokumen juga harus tanda tangan, apabila cap jempol maka
juga harus cap jempol.
2. Penyetoran tabungan membawa buku tabungan, mengisi slip yang telah
disediakan ditanda tangani oleh pemilik tabungan. Penyetoran tabungan boleh
diwakilkan asalkan ada tanda tangan dari pemilik.
3. Penarikan tabungan hanya bisa dilakukan oleh pemilik tabungan dengan
mengisikan slip setoran yang ditanda tangani atau cap jempol sebanyak satu
kali di depan, dua kali di belakang. Tanda tangan atau cap jempol harus sama
dengan yang ada dibuku tabungan dan kartu identitas. Apabila pada saat awal
pembukaan tabungan nasabah menggunakan cap jempol maka untuk
seterusnya apabila nasabah akan mengambil uang harus dibubuhi cap jempol
4. Penutupan nomor rekening hanya bisa dilakukan oleh pemilik tabungan
dengan mengisi slip penarikan dengan dikenakan biaya administrasi sesuai
dengan ketentuan yang berlaku.
Collections
- DP-Financial Management [400]