Show simple item record

dc.contributor.authorMuhtar Ghozali
dc.date.accessioned2014-01-16T00:57:46Z
dc.date.available2014-01-16T00:57:46Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM020210102103
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14824
dc.description.abstractRINGKASAN Penggunaan Peta Konsep Dalam Remidiasi Miskonsepsi Konsep Fisika Siswa SMP (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Jember Kelas VII Semeter Genap Tahun Ajaran 2007/2008 Pokok Bahasan Tekanan); Muhtar Ghozali,020210102103; 2009: 44 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang alam dan kejadian-kejadiannya. Siswa dalam kesehariannya sebenarnya telah mempelajari fisika, yaitu melalui interaksi dengan alam atau lingkungan. Kualitas pembelajaran fisika pada umumnya masih rendah. Hal ini terlihat masih terdapatnya miskonsepsi beberapa konsep fisika yang dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh interaksi pembelajaran dengan strategi peta konsep terhadap miskonsepsi siswa dan mengkaji besarnya penurunan taraf miskonsepsi siswa setelah pembelajaran dengan strategi peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain The one group pre-test and post-test dan disertai tes tunda untuk melihat konsistensi pemahaman konsep yang dimiliki siswa. Pre-tes digunakan untuk mengetahui pengetahuan awal siswa sedangkan post-tes digunakan untuk mengetahui pengetahuan akhir siswa. Pengetahuan awal dan pengetahuan akhir siswa ditelusuri dengan tes diagnosis dan interview klinis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh interaksi pembelajaran dengan strategi peta konsep terhadap miskonsepsi yang dialami oleh siswa dan pembelajaran dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan turunnya taraf miskonsepsi siswa dengan rerata penurunan miskonsepsi sebesar 35,66%en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries020210102103;
dc.subjectPeta Konsepen_US
dc.titlePENGGUNAAN PETA KONSEP DALAM REMIDIASI MISKONSEPSI KONSEP FISIKA SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Jember Kelas VII Semeter Genap Tahun Ajaran 2007/2008 Pokok Bahasan Tekanan)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record