Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Milasari
dc.date.accessioned2014-01-16T00:57:44Z
dc.date.available2014-01-16T00:57:44Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM090210204179
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14823
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar Matematika di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; siswa masih banyak yang kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita, pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan sistem konvensional. Hal ini terlihat pada saat pembelajaran dimana pembelajaran masih didominasi oleh guru dan siswa hanya duduk diam mendengarkan . Penerapan model Polya dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi KPK dan FPB melalui belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Menurut Polya, solusi soal pemecahan masalah memuat empat langkah yaitu Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Polya pada siswa Kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Sukosari 01 Sukowono, mulai tanggal 12 September 2011 sampai tanggal 24September 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 38 anak, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran Matematika Persentase aktivitas menjawab pertanyaan dalam setiap pembelajaran 1, 2, 3, 4 berturut-turut yaitu 64%; 65%; 66%; 75%. Persentase aktivitas kerjasama dalam kelompok dalam setiap pembelajaran 1, 2, 3, 4 berturut-turut yaitu 63%; 63%; 62%; 96%. Persentase aktivitas memberi tanggapan kelompok dalam setiap pembelajaran 1, 2, 3, 4 berturut-turut yaitu 51%; 51%; 51%; 59%. Persentase aktivitas mengajukan pertanyaan dalam setiap pembelajaran 1, 2, 3, 4 berturut-turut yaitu 55%; 56%; 55%; 57%. Analisis hasil belajar tes siklus I dan siklus II Matematika mengalami peningkatan sebesar 8,4 dari siklus I sebesar 70,1 menjadi siklus II sebesar 78,5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran Polya pada pembelajaran Matematika pokok bahasan KPK dan FPB. Siswa lebih aktif, antusias, dan tertarik mengikuti pembelajaran. Adanya peningkatan aktivitas tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono pada siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap tuntas karena sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204179;
dc.subjectPenerapan Pembelajaran, Pemecahan Masalah Model Polyaen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan KPK dan FPB Siswa Kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono Tahun Pelajaran 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record