MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN STRATEGI THE POWER OF TWO DISERTAI AUTHENTIC ASSESMENT PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 JENGGAWAH
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian
sudah ditetapkan di kelas VII B SMPN 1 Jenggawah yang dimulai tanggal 20
September 2011 semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data
yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses
pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil
wawancara dengan guru bidang studi dan siswa.
Dari hasil analisis kegiatan observasi didapatkan bahwa besarnya
persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 31,14%
dan pada siklus 1 mencapai 60,79% yang dapat dikategorikan aktif dengan
peningkatan sebesar 29,65%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami
peningkatan jika dibandingkan dengan pra-siklus dari 13,16% menjadi 76,31%
dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa secara klasikal.
Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa berdasarkan analisis Normalized Gain
sebesar 0,64 dan peningkatan tersebut tergolong sedang. Aktivitas belajar siswa
pada siklus 2 sebesar 70,26%, dengan peningkatan sebesar 39,12%. Ketuntasan
hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 13,16 % menjadi 92,10%.
Peningkatan tersebut tergolong sedang yaitu sebesar 0,66.
Dari hasil di atas menunjukkan metode demonstrasi dengan strategi the
power of two disertai authentic assesment dapat digunakan sebagai alternatif
pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar
fisika siswa.