Show simple item record

dc.contributor.authorMohammad Sofiurrizal
dc.date.accessioned2014-01-15T23:59:04Z
dc.date.available2014-01-15T23:59:04Z
dc.date.issued2014-01-15
dc.identifier.nimNIM060210201254
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14775
dc.description.abstractPendidikan Luar Sekolah (PLS) yang saat ini dikenal dengan sebutan Pendidikan Nonformal Informal (PNFI) melalui BPPNFI dan UPTD SKB memiliki program yang bernama Kursus wirausaha kota (KWK) dimana KWK merupakan program Pendidikan Kecakapan Hidup yang diselenggarakan secara khusus untuk memberikan kesempatan belajar bagi masyarakat perkotaan agar memperoleh pengetahuan, keterampilan dan menumbuhkembangkan sikap mental kreatif, inovatif, bertanggung jawab serta berani menanggung resiko (sikap mental profesional) dalam mengelola potensi diri dan lingkungannya yang dapat dijadikan bekal untuk peningkatan kualitas hidupnya. Pengangguran terjadi disebabkan beberapa faktor diantaranya Pertama, jumlah pencari kerja lebih besar dari jumlah peluang kerja yang tersedia (kesenjangan antara supply and demand). Kedua, kesenjangan antara kompetensi pencari kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar kerja (mismatch), Ketiga, masih adanya anak putus sekolah dan lulus tidak melanjutkan yang tidak terserap dunia kerja/berusaha mandiri karena tidak memiliki keterampilan yang memadai (unskills labour), Keempat, masih sering terjadinya pemutusan hubungan kerja. Didalam pelaksanaan kursus tersebut ada sebuah proses pembelajaran yang mengarah pada Life Skills yang meliputi Hard skills dan Soft Skills dimana hard skills merupakan adalah keterampilan hidup yang langsung berkaitan dengan keterampilan anggota tubuh dalam prilaku yang nyata, dapat langsung diamati dan dapat menghasilkan produk yang kongkrit. Sedangkan Soft Skills adalah keterampilan dan kecakapan hidup, baik untuk sendiri, berkelompok, atau bermasyarakat, serta dengan Sang Pencipta. Dengan mempunyai soft skills membuat keberadaan seseorang akan semakin terasa di tengah masyarakat. Keterampilan akan berkomunikasi, keterampilan emosional, keterampilan berbahasa, keterampilan berkelompok, memiliki etika dan moral, santun, dan keterampilan spiritual. Berangkat dari pendapat diatas dari proses pembelajaran kursus wirausaha kota tersebut ada sebuah prestasi belajar yang dimiliki oleh tiap tiap peserta yang tentunya tidak sama antara peserta yang satu dengan peserta yang lainnya, dan tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dengan hard skils da soft skills pada peserta kursus wirausaha kota bidang desain grafis yang diselenggarakan oleh UPTD SKB Kabupaten Bondowoso Tahun 2009. Daerah penelitian yang digunakan adalah UPTD SKB Kabupaten Bondowoso Jl. Letnan Rantam Nomor 1 (Kompleks Stadion EJ Magenda) Bondowoso, berdasarkan metode purporsive area. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh peserta kursus wirausaha kota bidang desain grafis yang berjumlah 19 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan statistik inferensial dan jenis penelitian korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun pengolahan datanya menggunakan analisis korelasi tata jenjang. Berdasarakan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh nilai Rho lebih besar dari Rho kritik dengan rincian Hubungan Antara Prstasi Belajar Dengan Hard Skills Dan Soft Skills Diperoleh Nilai Rho sebesar 0, 5983 dan Hubungan Antara Prstasi Belajar Dengan Hard Skills Diperoleh Nilai Rho sebesar 0,6255 Hubungan Antara Prstasi Belajar Dengan Soft Skills Diperoleh Nilai Rho Sebesar 0,6454. Berdasarkan hasil tersebut dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Ada Hubungan Yang Signifikan Antara Prestasi Belajar Dengan Hard Skills Dan Soft Skills Pada Peserta Kursus Wirausaha Kota Bidang Desain Grafis Di UPTD SKB Kabupaten Bondowoso Tahun 2009 dengan tingkat korelasi cukup.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210201254;
dc.subjectPRESTASI BELAJAR DENGAN HARD SKILLS DAN SOFT SKILLSen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR DENGAN HARD SKILLS DAN SOFT SKILLS PADA PESERTA KURSUS WIRAUSAHA KOTA BIDANG DESAIN GRAFIS DI UPTD SKB BONDOWOSO TAHUN 2009en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record