dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan Pada Jember Fashion Carnaval Centre (JFCC)”. Tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi-dimensi
kualitas layanan baik secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap
kepuasan pelanggan.
Penelitian ini dilakukan pada Jember Fashion Carnaval Centre (JFCC).
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang mengambil
80 responden sebagai sampelnya. Pengambilan sampel menggunakan metode
purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
Analisis Regresi Logistik dengan menggunakan SPSS versi 13.0. Uji F dan
Analisis Koefisien Determinasi Berganda (R2 ) digunakan untuk mengetahui
seberapa besar sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikatnya secara
simultan. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh dan sumbangan dari
masing-masing variabel menggunakan uji t.
Keseluruhan variabel dalam penelitian ini diukur dengan 13 item
pertanyaan yang menggunakan skala likert, dengan skala 1 sampai 4. penelitian
ini menguji dua buah hipotesis. Hipotesis pertama menyatakan bahwa kualitas
jasa yang ditunjukkan melalui dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, emphati
dan bukti fisik mempengaruhi kepuasan pelanggan secara bersama-sama.
Hipotesis kedua menyatakan bahwa kualitas jasa yang ditunjukkan melalui
dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, emphati dan bukti fisik mempengaruhi
kepuasan pelanggan secara parsial.
Dari hasil analisis diketahui bahwa secara parsial dimensi-dimensi kualitas
layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Dan besarnya pengaruh
dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan secara bersama-sama
adalah sebesar 99,8%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 0,2% dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain diluar penelitian ini. Hal ini sesuai dengan hipotesis awal yaitu
bahwa secara bersama-sama dan parsial dimensi kualitas layanan berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan. | en_US |