PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PROSES TERJADINYA SIANG DAN MALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SDN TANJUNG III PAMEKASAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa tentang Proses Terjadinya Siang dan Malam dengan metode Demonstrasi
pada siswa kelas 6 SDN Tanjung III Kecamatan Pegantenan Kabupaten
Pamekasan 2009/2010.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Tanjung III Kecamatan
Pegantenan Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah
siswa 21 orang. Sumber data penelitian yang diperlukan antara lain: untuk
mengetahui hasil belajar siswa dipergunakan test esay yang dibuat peneliti
sebanyak 4 soal untuk tiap siklusnya. Untuk mengetahui aktivitas siswa saat
proses pembelajaran dengan menggunakan metode Demonstrasi, dipergunakan
beberapa alat peraga dan data observer.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap
akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Hasil penelitian pada siklus 1 jumlah
siswa yang tuntas 13 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 61,9% berada dalam
kategori belum tuntas. Pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas 18 orang siswa
dengan ketuntasan klasikal 85,71% termasuk kategori tuntas. Dengan demikian
bila kita lihat dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah
menggunakan metode belajar demonstrasi maka model belajar ini dapat
meningkatkan kualitas hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa tentang Proses Terjadinya Siang dan Malam dengan metode Demonstrasi
pada siswa kelas 6 SDN Tanjung III Kecamatan Pegantenan Kabupaten
Pamekasan 2009/2010.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Tanjung III Kecamatan
Pegantenan Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah
siswa 21 orang. Sumber data penelitian yang diperlukan antara lain: untuk
mengetahui hasil belajar siswa dipergunakan test esay yang dibuat peneliti
sebanyak 4 soal untuk tiap siklusnya. Untuk mengetahui aktivitas siswa saat
proses pembelajaran dengan menggunakan metode Demonstrasi, dipergunakan
beberapa alat peraga dan data observer.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap
akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Hasil penelitian pada siklus 1 jumlah
siswa yang tuntas 13 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 61,9% berada dalam
kategori belum tuntas. Pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas 18 orang siswa
dengan ketuntasan klasikal 85,71% termasuk kategori tuntas. Dengan demikian
bila kita lihat dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah
menggunakan metode belajar demonstrasi maka model belajar ini dapat
meningkatkan kualitas hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa tentang Proses Terjadinya Siang dan Malam dengan metode Demonstrasi
pada siswa kelas 6 SDN Tanjung III Kecamatan Pegantenan Kabupaten
Pamekasan 2009/2010.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Tanjung III Kecamatan
Pegantenan Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah
siswa 21 orang. Sumber data penelitian yang diperlukan antara lain: untuk
mengetahui hasil belajar siswa dipergunakan test esay yang dibuat peneliti
sebanyak 4 soal untuk tiap siklusnya. Untuk mengetahui aktivitas siswa saat
proses pembelajaran dengan menggunakan metode Demonstrasi, dipergunakan
beberapa alat peraga dan data observer.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap
akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Hasil penelitian pada siklus 1 jumlah
siswa yang tuntas 13 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 61,9% berada dalam
kategori belum tuntas. Pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas 18 orang siswa
dengan ketuntasan klasikal 85,71% termasuk kategori tuntas. Dengan demikian
bila kita lihat dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah
menggunakan metode belajar demonstrasi maka model belajar ini dapat
meningkatkan kualitas hasil belajar.