PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII-C SMP NEGERI 3 JENGGAWAH
Abstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan tempat
penelitian dilaksanakan di SMPN 3 Jenggawah. Subyek penelitian adalah siswa
kelas VIII-C. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah yang
pertama digunakan teknik persentase aktivitas dan untuk menjawab rumusan
masalah yang kedua digunakan teknik persentase ketuntasan belajar siswa.
Berdasarkan analisis data diperoleh persentase aktivitas siswa pada pra-siklus
34,76%, siklus I meningkat sebesar 59,66 %, siklus II meningkat sebesar 78,29%
yang termasuk pada kriteria aktivitas siswa aktif. Analisis data ketuntasan belajar
siswa menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar pada pembelajaran prasiklus
diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 38,46%, pada siklus I diperoleh
ketuntasan secara klasikal sebesar 64,10 %, pada siklus II diperoleh ketuntasan
secara klasikal sebesar 79,49 %. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1)
Peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan pendekatan sains teknologi dan
masyarakat (STM) dengan metode eksperimen aktivitas belajar fisika siswa kelas
VIIIC SMPN 3 Jenggawah mengalami peningkatan sebesar 78,29% dengan
kategori aktif. (2) Peningkatan ketuntasan hasil belajar menggunakan pendekatan
sains teknologi dan masyarakat (STM) dengan metode eksperimen ketuntasan
hasil belajar fisika siswa kelas VIII-C SMPN 3 Jenggawah mengalami
peningkatan sebesar 79,49 % dengan kategori tuntas.