Show simple item record

dc.contributor.authorWidayoko, Agus
dc.date.accessioned2013-10-31T01:35:19Z
dc.date.available2013-10-31T01:35:19Z
dc.date.issued2013-10-31
dc.identifier.nimNIM070210102079
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1473
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk menguji taraf signifikansi perubahan hasil belajar, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Dari hasil perhitungan menunjukkan harga thitung = 2,28 dan harga ttabel = 2,007. Dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu jika maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa nilai –ttabel < t hitung> +ttabel maka dengan demikian, hipotesis nihil Ho ditolak dan hipotesis kerja Ha diterima. Hasil analisis aktivitas diperoleh bahwa persentase aktivitas belajar siswa pada pertemuan kelas eksperimen secara klasikal adalah 75,73%, dengan kriteria persentase aktivitas tergolong aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) strategi think, write, and talk dengan media LKS dengan model konvensional pada kelas VIII SMPN 3 Jember tahun ajaran 2010/2011 dan 2) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) strategi think, write, and talk dengan media LKS baik dimana aktivitas siswa termasuk dalam kategori aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102079;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning), Strategi Think, Write, and Talk, Media LKS pada Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) STRATEGI THINK, WRITE, AND TALK DENGAN MEDIA LKS PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record