Show simple item record

dc.contributor.authorPrasetyo Utomo, Agung
dc.date.accessioned2013-10-31T01:26:53Z
dc.date.available2013-10-31T01:26:53Z
dc.date.issued2013-10-31
dc.identifier.nimNIM070210192133
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1472
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Panarukan tahun ajaran 2010/2011 yang dimulai tanggal 16 Mei 2011 sampai dengan 4 Juni 2011. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini antara lain: dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor aktivitas siswa beserta guru, ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran yakni pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Aktivitas belajar siswa dengan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus I dan siklus II. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra-siklus sebesar 39.7% yang termasuk dalam kriteria kurang aktif, dan aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mengalami peningkatan yakni aktivitas belajar rata-rata siswa sebesar 70.76 % dan termasuk pada kriteria aktif, serta aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus II mengalami peningkatan yakni aktivitas belajar rata-rata siswa sebesar 80.19 % dan termasuk pada kriteria sangat aktif Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here diikuti peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Ketuntasan hasil belajar pada pra-siklus sebelum adanya tindakan adalah sebesar 29.42 %, dan ketuntasan hasil belajar dengan pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 76.47%, serta ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yakni mencapai 88.23%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memehami konsep dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192133;
dc.subjectAktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika, Metode Pembelajaran Peer Teaching dengan Strategi Everyone is a Teacher Hereen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PANARUKANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record