• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Ipa Pokok Bahasan Cahaya dan Sifat-Sifatnya Melalui Penerapan Metode PenemuanTerbimbing Pada Siswa Kelas V di Sdn Mangli 01Tahun Ajaran 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    kip_1.pdf (1.485Mb)
    Date
    2014-01-15
    Author
    Muh. Sahrifin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    RINGKASAN Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Melalui Penerapan Metode Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas V di SDN Mangli 01 Tahun Ajaran 2010/2011. Muh. Sahrifin ; NIM 070210204040; 2011; Halaman; Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi S1 Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeritas Jember. Menurunya aktivitas dan nilai hasil belajar IPA di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran dan Media pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPA sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPA yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran IPA. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa metode pembelajaran. Metode dan media tersebut dapat mendekatkan IPA kepada siswa dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya dengan diterapkannya metode pembelajaran penemuan terbimbing pada siswa Kelas V SDN Mangli 01 tahun ajaran 2010/2011? Bagaimanakah peningkatan hasil IPA pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya melalui Penerapan metode penemuan terbimbing pada siswa Kelas V SDN Mangli 01 tahun ajaran 2010/2011? Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangli 01 dalam mata pelajaran IPA pokok cahaya dan sifat-sifatnya melalui penerapan metode penemuan terbimbing tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Mangli 01 Kecamatan Kaliwates, dimulai pada tanggal 23 Mei 2011 sampai tanggal 30 Mei 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 44 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema kemis dan taggar dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan Dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPA, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penggunaan metode bermain peran pada pembelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya ini efektif karena dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, kemampuan akademik dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar. Persentase hasil tes formatif mengalami peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II dari. Aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I 68,18% menjadi 82,573%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengunaan metode penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya dikatakan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas V SDN Mangli 01 Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 54,54% atau sebanyak 24 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 88,63% atau sebanyak 39 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan metode penemuan terbibmbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya pada siswa kelas V SDN Mangli 01 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun ajaran 2010/2011.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14720
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository