Show simple item record

dc.contributor.authorTri Ratnasari, Yunita
dc.date.accessioned2013-10-31T01:20:35Z
dc.date.available2013-10-31T01:20:35Z
dc.date.issued2013-10-31
dc.identifier.nimNIM060210301151
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1471
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan daya kreatifitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 semester genap SMA Negeri 1 Pasuruan tahun ajaran 2010/2011. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode Problem Posing dapat meningkatkan daya kreatifitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan daya kreatifitas siswa dapat diketahui dari hasil observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung dimana jumlah daya kreatifitas siswa siklus I (pertemuan 1 dan 2) sebesar 3,0 sedangkan pada siklus II (pertemuan 1 dan 2) mengalami peningkatan menjadi sebesar 3,6 lebih tinggi bila dibandingkan dengan siklus I, daya kreatifitas siswa termasuk kategori tinggi. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa setelah pembelajaran dengan metode Problem Posing. Pada siklus pertama, dari 26 siswa yang mengikuti ulangan harian ada 14 siswa yang masih mendapat nilai dibawah 74 yang ketuntasan klasikalnya hanya sebesar 69%. Sedangkan pada siklus II, dari 26 siswa yang mengikuti ulangan harian, hanya ada 3 siswa yang masih belum mencapai ketuntasan hasil belajar secara perorangan., berarti ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 88% dan telah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar. Oleh karena itu metode Problem Posing dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan daya kreatifitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301151;
dc.subjectMetode Pemberian Tugas Pengajuan Soal (Problem Posing), Meningkatkan Daya Kreatifitas Dan Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPS Ekonomi Materi Neraca Pembayaranen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PENGAJUAN SOAL (PROBLEM POSING) PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI MATERI NERACA PEMBAYARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pasuruan Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record