• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN PETA KONSEP DALAM REMIDIASI MISKONSEPSI KONSEP FISIKA SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Jember Kelas VII Semeter Genap Tahun Ajaran 2007/2008 Pokok Bahasan Tekanan)

    Thumbnail
    View/Open
    br1_1.pdf (515.2Kb)
    Date
    2014-01-15
    Author
    Muhtar Ghozali
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    RINGKASAN Penggunaan Peta Konsep Dalam Remidiasi Miskonsepsi Konsep Fisika Siswa SMP (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Jember Kelas VII Semeter Genap Tahun Ajaran 2007/2008 Pokok Bahasan Tekanan); Muhtar Ghozali,020210102103; 2009: 44 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang alam dan kejadian-kejadiannya. Siswa dalam kesehariannya sebenarnya telah mempelajari fisika, yaitu melalui interaksi dengan alam atau lingkungan. Kualitas pembelajaran fisika pada umumnya masih rendah. Hal ini terlihat masih terdapatnya miskonsepsi beberapa konsep fisika yang dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh interaksi pembelajaran dengan strategi peta konsep terhadap miskonsepsi siswa dan mengkaji besarnya penurunan taraf miskonsepsi siswa setelah pembelajaran dengan strategi peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain The one group pre-test and post-test dan disertai tes tunda untuk melihat konsistensi pemahaman konsep yang dimiliki siswa. Pre-tes digunakan untuk mengetahui pengetahuan awal siswa sedangkan post-tes digunakan untuk mengetahui pengetahuan akhir siswa. Pengetahuan awal dan pengetahuan akhir siswa ditelusuri dengan tes diagnosis dan interview klinis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh interaksi pembelajaran dengan strategi peta konsep terhadap miskonsepsi yang dialami oleh siswa dan pembelajaran dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan turunnya taraf miskonsepsi siswa dengan rerata penurunan miskonsepsi sebesar 35,66%
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14706
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository