PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN BARATAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
RINGKASAN
Peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS pokok bahasan koperasi dengan
Menggunakan cooperative learning Model Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN Baratan
01 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011; Muskiani, 070210204007; 2011; 63
halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Penerapan cooperative learning model Jigsaw pada pembelajaran dapat
membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk
belajar berkelompok dengan teman-temannya dalam kondisi yang heterogen baik itu
dari jenis kelamin, kemampuan akademik, latar belakang sosial dan sebagainya. Hal
ini dilakukan karena dilihat dari latar belakang permasalahan dimana pembelajaran
yang dilakukan masih secara konvensional. Pembelajaran dengan mengelompokkan
siswa jarang dilakukan sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengerjakan tugas
secara berkelompok karena masing-masing siswa mengandalkan kemampuannya
sendiri-sendiri, yang menyebabkan motivasi dan hasil belajar tidak merata.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, 1
menggunakan metode cooperative learning model Jigsaw. Sesuai dengan rumusan
masalah yang ada, penelitian ini bertujuan 1
Jigsaw.