• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 13 Jember Mata Pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) Pokok Bahasan Kegiatan Pokok Ekonomi Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011 )

    Thumbnail
    View/Open
    TRIASIH WAHYUNINGTYAS.pdf (154.9Kb)
    Date
    2013-10-31
    Author
    WAHYUNINGTYAS, TRIASIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 siklus. Penentuan jumlah subjek penelitian menggunakan metode populasi. Metode penentuan lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa kelas VII C di SMP 13 Jember dalam proses pembelajaran IPS Terpadu (ekonomi). Motivasi siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I skor motivasi meningkat menjadi kategori sedang yaitu sebesar 3,1 dan pada siklus II skor motivasi meningkat menjadi kategori tinggi yaitu sebesar 3,7. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa tergolong pada kategori aktif yaitu dengan skor 72,89%, dan pada siklus II aktivitas siswa meningkat dengan perolehan skor 84, 46% yang berada pada kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model Quantum Teaching cocok digunakan untuk pembelajaran IPS Terpadu (ekonomi) pokok bahasan kegiatan pokok ekonomi dan dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa menjadi meningkat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1470
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15405]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository