PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 13 Jember Mata Pelajaran IPS Terpadu (Ekonomi) Pokok Bahasan Kegiatan Pokok Ekonomi Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011 )
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang
dalam 2 siklus. Penentuan jumlah subjek penelitian menggunakan metode populasi.
Metode penentuan lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode
wawancara dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching
dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa kelas VII C di SMP 13
Jember dalam proses pembelajaran IPS Terpadu (ekonomi). Motivasi siswa
menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I skor motivasi
meningkat menjadi kategori sedang yaitu sebesar 3,1 dan pada siklus II skor motivasi
meningkat menjadi kategori tinggi yaitu sebesar 3,7. Aktivitas siswa juga mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa tergolong
pada kategori aktif yaitu dengan skor 72,89%, dan pada siklus II aktivitas siswa
meningkat dengan perolehan skor 84, 46% yang berada pada kategori sangat aktif.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model
Quantum Teaching cocok digunakan untuk pembelajaran IPS Terpadu (ekonomi)
pokok bahasan kegiatan pokok ekonomi dan dapat meningkatkan motivasi dan
aktivitas belajar siswa menjadi meningkat.