PELAKSANAAN ADMINISTRASI PENJUALAN BENDA POS PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG AMBULU – JEMBER
Abstract
Kegiatan operasional administrasi penjualan yang dilakukan oleh PT. Pos
Indonesia (Pesero) cabang Ambulu – Jember di dalam penyelenggaraan
dinas pos dan giro meliputi pekerja-pekerja menerima, mengirim, dan
menyerahkan tiga hal pokok yaitu berita, uang, dan barang. Selain
kegiatan pokok, PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Ambulu – Jember
melakukan pekerjaan penjualan benda pos yang terdiri dari perangko,
benda filateli, akta agrarian, dan materai. Mekanisme penggolongan dana
dalam administrasi penjualan dengan pengisian formulir-formulir
kemudian dibukukan didalam buku persediaan selanjutnya mengisi saldo
kas harian, mingguan, dan bulanan yang dikerjakan oleh manajer
keuangan.
2. Pelaksanaan administrasi penjualan Benda Pos dan Materai (BPM) di
Kantor Pos adalah semua permintaaan BPM yang akan dijual dengan
mengisi buku permintaan BPM yang dimiliki oleh loket dan setelah tutup
loket, petugas loket wajib mnyetorkan uang tunai sesuaidengan yang
tercantum atau tertera di buku permintaan BPM. Dan buku permintaan
BPM yang ada di loket oleh bendahara dipindah atau dibukukan pada
buku rekapitulasi yang menunjukkan banyaknya BPM yang terjual dan
besar uang yang disetor. Permintaan Benda Pos dan Materai dilakukan
dengan mengisi formulir permintaan Benda Pos dan Materai kemudian
mengisi laporan hasil penjualan Benda Pos dan Materai kemudian
diserahkan kepada bendahara, bendahara menghitung kembali, setelah itu
membukukan dalam buku anasir kas/persediaan.