• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN ASSESMENT PORTOFOLIO PADA MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 2 TANGGUL TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    28_1.pdf (205.8Kb)
    Date
    2014-01-15
    Author
    Munirul Firma Wati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan Assesment Portofolio Pada Model Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Tanggul Tahun Ajaran 2010/2011, Munirul Firma Wati, 060210101225, 2011, 66 halaman, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pend. MIPA, FKIP, Universitas Jember. Penerapan assesment portofolio pada model problem based instruction (PBI) merupakan pembelajaran yang menggunakan LKS, PR, kuis dan tes akhir sebagai alat penilaian pada model pembelajaran problem based instruction. Berdasarkan wawancara dengan guru bidang studi matematika SMPN 2 Tanggul kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika sangat rendah terutama untuk kelas VII yang belum terbiasa dengan soal cerita matematika serta sistem penilaian yang digunakan hanya dari tugas dan tes akhir, maka dalam penelitian ini diterapkan assesment portofolio dengan model PBI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan assesment portofolio pada PBI, mengetahui kemampuan siswa dalam melakukan pemecahan masalah, dan ketuntasan belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII–A SMPN 2 Tanggul tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan pemberian tugas. Adapun assesment portofolio yang digunakan berupa LKS, PR, kuis dan tes, untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa serta kemampuan pemecahan masalah siswa. Kegiatan pengambilan data dimulai pada tanggal 27 Oktober 2010 sampai selesai. Penerapan assesment portofolio pada pembelajaran model problem based instruction untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung bentuk aljabar siswa kelas VII SMPN 2 Tanggul dapat terlaksana dengan lancar. Penerapan assesment portofolio pada pembelajaran model PBI mendapat respon baik dari guru bidang studi dan siswa. Siswa senang dapat belajar dengan kelompoknya dalam menyelesaikan permasalahan serta dapat mengevaluasi jawaban kelompok lain, viii ix siswa juga senang ketika guru menjelaskan materi yang dikaitkan dengan kehidupan nyata. Hasil analisa data diperoleh kemampuan siswa dalam melakukan pemecahan masalah meningkat dari 66,5% ke 82,5%. Siswa ikut aktif dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari jumlah siswa yang tergolong sangat aktif mengalami peningkatan dan jumlah siswa yang tergolong aktif mengalami penurunan. Dengan menerapkan assesment portofolio (pemberian LKS, PR, kuis dan tes akhir) sebagai alat penilaian, guru dapat mengetahui kemampuan yang dicapai oleh siswa dari berbagai alat evaluasi. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari siklus I sebesar 68% hingga siklus II sebesar 85%. Hal ini menunjukkan bahwa assesment portofolio pada model problem based instruction (PBI) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika serta dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14690
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository