PENGGUNAAN PETA KONSEP DALAM REMIDIASI MISKONSEPSI KONSEP FISIKA SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Jember Kelas VII Semeter Genap Tahun Ajaran 2007/2008 Pokok Bahasan Tekanan)
Abstract
RINGKASAN
Penggunaan Peta Konsep Dalam Remidiasi Miskonsepsi Konsep Fisika Siswa
SMP (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Jember
Kelas VII Semeter Genap Tahun Ajaran 2007/2008 Pokok Bahasan Tekanan);
Muhtar Ghozali,020210102103; 2009: 44 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang alam dan kejadian-kejadiannya.
Siswa dalam kesehariannya sebenarnya telah mempelajari fisika, yaitu melalui
interaksi dengan alam atau lingkungan. Kualitas pembelajaran fisika pada umumnya
masih rendah. Hal ini terlihat masih terdapatnya miskonsepsi beberapa konsep fisika
yang dialami oleh siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh interaksi pembelajaran
dengan strategi peta konsep terhadap miskonsepsi siswa dan mengkaji besarnya
penurunan taraf miskonsepsi siswa setelah pembelajaran dengan strategi peta konsep.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain The one
group pre-test and post-test dan disertai tes tunda untuk melihat konsistensi
pemahaman konsep yang dimiliki siswa. Pre-tes digunakan untuk mengetahui
pengetahuan awal siswa sedangkan post-tes digunakan untuk mengetahui
pengetahuan akhir siswa. Pengetahuan awal dan pengetahuan akhir siswa ditelusuri
dengan tes diagnosis dan interview klinis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh interaksi pembelajaran
dengan strategi peta konsep terhadap miskonsepsi yang dialami oleh siswa dan
pembelajaran dengan strategi peta konsep dapat meningkatkan pemahaman siswa
dengan turunnya taraf miskonsepsi siswa dengan rerata penurunan miskonsepsi
sebesar 35,66%