ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMASARAN YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO BUKU GRAMEDIA JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel variabel
keunggulan, produk, keterjangkauan lokasi, kenyamanan, harga, bukti fisik,
promosi dan ketersediaan fasilitas terhadap keputusan konsumen dalam
melakukan pembelian pada Toko Buku Gramedia Jember. Dan untuk mengetahui
variabel mana yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan konsumen
dalam melakukan pembelian pada Toko Buku Gramedia Jember. Penelitian ini
bertempat di Toko Buku Gramedia Jember.
Penelitian ini menggunakan metode survey, dimana data diperoleh
dengan jalan mengadakan wawancara langsung dan pengisian daftar pertanyaan
atau kuisioner oleh konsumen sebagai responden, sedangkan metode pengambilan
sampel dengan menggunakan metode purposive accidental sampling.
Analisis data yang digunakan untuk menjawab permasalahan yang ada
dengan menggunakan analisis faktor, analisis regresi linier berganda, uji asumsi
klasik, uji-t dan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari variabel
keunggulan, produk, keterjangkauan lokasi, kenyamanan, harga, bukti fisik,
promosi dan ketersediaan fasilitas, hanya dua variabel yang mempunyai pengaruh
terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Buku
Gramedia Jember, antara lain Variabel Kenyamanan (X
) sebesar 3,969 dan
Variabel Harga (X
5
vii
4
) sebesar 2,590.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah tidak semua
dari variabel keunggulan, produk, keterjangkauan lokasi, kenyamanan, harga,
bukti fisik, promosi dan ketersediaan fasilitas yang berpengaruh terhadap
keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Buku Gramedia
Jember. Dan variabel kenyamanan (X
4
) serta variabel harga (X
) merupakan
variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan konsumen dalam
melakukan pembelian pada Toko Buku Gramedia Jember.