Show simple item record

dc.contributor.authorWidiyanti, Nur’aini
dc.date.accessioned2013-10-30T06:33:40Z
dc.date.available2013-10-30T06:33:40Z
dc.date.issued2013-10-30
dc.identifier.nimNIM060210391227
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1462
dc.description.abstractPenelitian ini membuktikan bahwa Life Skill Education yang terdiri dari project work dan pendidikan sistem ganda memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha baik secara simultan maupun parsial. Secara simultan life skill education terhadap minat berwirausaha di SMK Negeri 2 Lumajang sebesar 78,6%. Sedangkan secara parsial, project work memiliki proporsi sumbangan terhadap minat berwirausaha yaitu sebesar 42,38%. Apabila pembelajaran itu berakhir tanpa memberi kesempatan pada siswa untuk mempraktekkan pekerjaan secara keseluruhan maka hal tersebut membuat siswa menjadi tidak terlatih seperti yang telah diungkapkan oleh Flippo, (1996:84) bahwa Project work merupakan beberapa pelajaran dengan bersistem yang memberikan siswa pengetahuan dan aplikasi teori pada setiap unsur pekerjaan. Hal ini didukung oleh hasil wawancara dengan salah satu responden yang mengatakan bahwa: “dengan project work saya bisa memahami prosedur kerja dan apa saja yang harus disiapkan untuk mendirikan suatu usaha serta merencanakan produk hingga penyelesaian produk tersebut, sehingga saya bersemangat untuk berusaha agar bisa mendirikan usaha sendiri kelak (A,17th)” Project work sangat diperlukan untuk dapat meningkatkan minat berwirausaha. Melalui program project work, siswa menjadi lebih aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Di samping penggunaan program project work, life skill education juga dipengaruhi dengan pelaksanaan pendidikan sistem ganda. Secara parsial pendidikan sistem ganda memiliki pengaruh sebesar 36,2%. PSG dapat dijadikan suatu media dalam mengaplikasikan dan mengembangkan disiplin ilmu yang dimiliki siswa, seperti ungkapan Anwar, (2006:52) yang mengatakan bahwa Kesuksesan pelaksanaan PSG dapat memberikan dasar teori yang cukup dan memudahkan kesinambungan pemahaman dan kegiatan berkarya siswa, khususnya bagi siswa yang tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi, dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja di DUDI.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391227;
dc.subjectLIFE SKILL EDUCATION, MINAT BERWIRAUSAHAen_US
dc.titlePENGARUH LIFE SKILL EDUCATION TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 LUMAJANG TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record