PERBANDINGAN KINERJA PT. MUSTIKA RATU, Tbk DAN PT. UNILEVER INDONESIA, Tbk DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ECONOMIC PROFIT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai sekarang perusahaan (Present
Value of Company ), dan nilai saham perusahaan ( Equity Value ) PT. Mustika
Ratu, Tbk dan PT. Unilever Indonesia, Tbk. Penelitian yang dilakukan
menggunakan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari pihak lain, yang
merupakan laporan tahunan (annual report) atas laporan keuangan konsolidasi
yang listed di BEJ (Bursa Efek Jakarta). Data yang digunakan merupakan
database dari perusahaan kosmetika di Indonesia yang terdaftar pada Bursa Efek
Jakarta sampai dengan tanggal 31 Desember 2006 dan laporan yang digunakan
adalah laporan keuangan yang berupa neraca dan laporan laba rugi sejak tahun
2001-2006 yang diperoleh dari ICMD (Indonesian capital market directory),
Pojok BEJ (JSX CORNER) maupun dalam situs www.jsx.co.id. Metode analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode economic profit. Hasil analisis
data menunjukkan bahwa PT. Unilever Indonesia, Tbk dilihat dari Nilai sekarang
perusahaan (present value of company) lebih baik dibandingkan PT. Mustika
Ratu, Tbk, hal itu bisa dilihat berdasarkan persentase pertumbuhan PT. Unilever
Indonesia, Tbk yaitu 53.58% lebih baik dari pada PT. Mustika Ratu, Tbk yang
hanya 33.32%. Berdasarkan penilaian harga saham ternyata PT.Unilever
Indonesia, Tbk juga lebih baik dari pada PT. Mustika Ratu, Tbk. Harga persaham
PT. Unilever Indonesia, Tbk berdasarkan penilaian (Rp.1017) lebih tinggi
16.23% dari harga pasar sesungguhnya (Rp. 975) sedangkan PT. Mustika Ratu,
Tbk berdasarkan penilaian (Rp.229) lebih tinggi 14.50% dari harga pasar
sesungguhnya (Rp. 200).