PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA P.T TELKOMSEL GrahaPARI JEMBER
Abstract
Dalam Penelitian ini akan membahas masalah pemilihan strategi pemasaran, dengan
berdasarkan data yang diperoleh dari perusahaan. Strategi pemasaran merupakan salah satu
cara untuk mendukung program pemasaran guna mencapai tujuan perusahaan yaitu mencari
laba dan member kepuasan kepada konsumen, tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk
menentukan alternative strategi pemasaran pada P.T Telkomsel GrahaPARI Jember.
Untuk menentukan strategi pemasaran pada perusahaan digunakan metode analisis
SWOT yaitu dengan menentukan factor strategis perusahaan yang kemudian diolah ke dalam
table IFAS dan EFAS. Data yang diperoleh adalah sebanyak 10 responden untuk internal
sedangkan eksternal sebanyak 50 responden. Hasil pengolahan data factor strategis
perusahaan dipakai sebagai acuan untuk menentukan strategi pemasaran secara global
dengan IE matriks dan alternative strategi pemasaran dengan matrik SWOT yang kemudian
akan dipilih strategi apa yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif, data dari perusahaan yang diperoleh kemudian
dianalisis dengan menggunakan analisis factor internal (IFAS), dan analisis factor eksternal
(EFAS). Data yang diperoleh dari analisis factor internal dan eksternal tersebut digunakan
untuk menentukan posisi perusahaan pada kuadran berapa. Setelah ditentukan posisi
perusahaan pada kuadran berapa, kemudian digunakan analisis SWOT, sehingga dapat
ditentukan kebijakan dan strategi apa yang harus dilakukan oleh PT. Telkomsel GrahaPARI
Jember.
Berdasarkan hasil pengolahan data yaitu IE Matriks yang mengacu pada perhitungan
table IFAS dan EFAS menjunkkan PT Telkomsel GrahaPARI Jember berada pada kuadran I,
yang berarti strategi pemasaran secara global yang sebaiknya diterapkan oleh PT Telkomsel
GrahaPARI Jember adalah strategi konsentrasi melalui integrasi vertical.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi paling tepat adalah dengan
meminimalkan biaya dan operasi yang tidak efisien untuk mengontrol kualitas serta
distribusi produk. Fokus dari implementasi strategi ini adalah meningkatkan efesiensi biaya
operasional perusahaan, membuka gerai-gerai GrahaPARI baru didaerah yang potensial.
Berdasarkan kesimpulan yang dilakukan maka, saran yang bermanfaat dan sebagai
bahan pertimbangan serta masukan bagi pihak manajemen PT Telkomsel GrahaPARI
Jember adalah keputusan-keputusan strategis yang berkaitan dengan strategi yang diambil
oleh manajemen PT Telkomsel GrahaPARI Jember hendaknya berkaitan dengan
meminimalkan biaya dan operasi yang tidak efisien untuk meningkatkan profit.