• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES POKOK BAHASAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN BENDA PADA SISWA KELAS VI SDN SUKOSARI 02 KECAMATAN KUNIR KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Wiwik Handayani_001.pdf (706.7Kb)
    Date
    2013-10-30
    Author
    Wiwik Handayani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam pembelajaran IPA di SD Negeri Sukosari 02 Lumajang, khususnya pada kelas VI (Enam) masih terlihat penerapan pendidikan yang bersifat mengejar target yang berorientasi pada ujian akhir, sehingga dalam pembelajaran tersebut para siswa kurang terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kondisi tersebut membuat siswa kurang mampu untuk memperkaya belajarnya dengan meningkatkan interaksi pada lingkungannya. Pemahaman dan pengetahuan terhadap dunia sekitarnya kurang terbentuk. Mereka belum bisa membangun pengetahuan dan kepercayaan dirinya, maupun kemampuan berinteraksi dengan berbagai individu atau kelompok yang beragam di masyarakat. Penerapan cara belajar seperti ini membuat siswa kurang bisa mengaplikasikan apa yang telah diperoleh di kelas ke dalam kehidupan nyata, karena banyak pembelajaran/materi IPA yang berhubungan secara langsung dengan kondisi nyata. Salah satu usaha yang belum diterapkan secara optimal, yaitu bagaimana memahami kedudukan pendekatan sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian bagi keberhasilan kegiatan belajar-mengajar. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka peneliti mencoba menerapkan pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri Sukosari 02 dengan tujuan untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SD Negeri Sukosari 02 Lumajang dengan jumlah Siswa Sebanyak 22 Siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI ( Enam) dan guru kelas VI (Enam) SD Negeri Sukosari 02 Lumajang, serta data yang mendukung untuk penyempurnaan penelitian ini. Rancangan penelitian yang digunakan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Untuk menganalisis data yang nantinya diperoleh peneliti menggunakan tabel peningkatan hasil belajar siswa dan persentase aktivitas belajar siswa guna mengetahui kemajuan siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan aktivitas belajar siswa kelas VI (Enam) SD Negeri Sukosari 02 mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran IPA menggunakan pendekatan keterampilan proses secara klasikal untuk tiap-tiap pertemuan mengalami peningkatan. Rata-rata pada siklus I, aktifitas mencapai 76,99% dan pada siklus II aktifitas siswa mencapai 84,42%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terlihat pada siklus I adalah 68,18% dengan 7 siswa belum tuntas dan pada siklus II adalah 81,81% dengan 4 siswa belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dikatakan tuntas dan meningkat pada setiap pertemuan. Selain kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini, penulis memberikan saran bagi siswa, hendaknya dijadikan semangat belajar karena dengan pendekatan keterampilan proses siswa dapat menemukan hal yang baru baik di kelas maupun di luar kelas. Bagi guru, berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri Sukosari 02 Kunir Lumajang, sebagai upaya dalam peningkatan aktifitas dan hasil belajar IPA siswa, juga dapat diterapkan dalam bidang studi yang lain dan diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Sukosari 02 Kunir Lumajang. Bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi kemajuan siswa dan dunia pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1458
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository