• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN SISWA KELAS VI SDN BINTORO 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Tri Mulyati_001.pdf (690.1Kb)
    Date
    2013-10-30
    Author
    TRI MULYATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menulis adalah mengemukakan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan grafik itu. Berdasarkan observasi awal di SD Negeri Bintoro 01 Jember, menunjukkan ada permasalahan dalam pembelajaran menulis laporan pengamatan. Permasalahan tersebut di antaranya adalah 1) Kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan masih rendah, hal ini di karenakan kurangnya minat siswa dalam belajar Bahasa indonesia. 2) Metode yang digunakan guru kurang bervariasi. 3) Media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa. Dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan membantu siswa dalam memahami materi menulis laporan pengamatan, sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning yang dapat meningkatan keterampilan menulis laporan pengamatan dengan pada siswa kelas VI SDN Bintoro 01 Jember; (2) bagaimanakah aktivitas siswa kelas VI SDN Bintoro 01 dalam di terapkannya pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning; (3) bagaimanakah hasil belajar siswa kelas VI SDN Bintoro 01 dalam menggunakan pendekatan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning yang dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan pengamatan siswa kelas VI, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas VI dengan di terapkannya Pendekatan Contextual Teaching ang Learning, (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VI dalam menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Bintoro 01 Jember kelas VI yang terdiri atas 24 siswa, 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi menulis laporan pengamatan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi. Analisis data aktivitas siswa adalah Aktivitas siswa setelah mengikuti pembelajaran secara klasikal untuk tiap-tiap pertemuan mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan I, aktivitas siswa mencapai 73%, pertemuan II 72%. Siklus II pertemuan I 76%, pertemuan II 78%. Pada Hasil Belajar siswa siklus 1 mencapai 83,33%, terdapat 4 siswa yang tidak tuntas dari 24 siswa dan hasil tes siklus II mencapai 96% dengan 1 siswa yang tidak tuntas dari 24 siswa. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah guru hendaknya mempertimbangkan penerapan pendekatan ini dalam menulis laporan pengamatan. Bagi sekolah, hendaknya memberikan fasilitas atau media pembelajaran yang mendukung bagi guru dan siswa. Bagi peneliti lain, hendaknya mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada penyempurnaan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1455
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository