PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWINGDENGAN MEDIA ASLI PADA SISWA KELAS IV SDN AMPEL 02 WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPA di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor
antara lain; pembelajaran IPA di kelas IV SDN Ampel 02 kecamatan Wuluhan masih
mengandalkan  metode  ceramah.  Dalam  metode  ceramah  guru  tidak  memberi
kesempatan  siswa  untuk  menggali  dan  menemukan  kebenaran  konsep  IPA.  Guru
bersifat  sebagai transfer  of  knowledge dan transfer  of  information saja  tanpa
memperhatikan  konsepsi  awal  siswa  yang  diperoleh  dari  pengetahuan  berdasarkan
pengalaman  sehari-hari.  Siswa  hanya  menerima  informasi  yang  disampaikan  oleh
guru,  sedangkan  guru  kurang  memperhatikan  proses  asimilasi  informasi  dalam  diri
siswa,  apakah  struktur  kognitif  siswa  tertsebut  telah  sesuai  dengan  informasi  baru
yang telah disampaikan guru atau malah sebaliknya.
Penelitian  ini  berdasarkan  permasalahan:  (a) Bagaimana meningkatkan
aktivitas  siswa  dalam  pembelajaran  IPA  menggunakan  pembelajaran  kooperatif
snowball  throwing pokok  bahasan  gaya  siswa  kelas  IV  SDN  Ampel  02  Wuluhan
Jember? (b) Bagaimana meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dalam  pembelajaran  IPA
menggunakan pembelajaran kooperatif snowball throwing pokok bahasan gaya siswa
kelas IV SDN Ampel 02 Wuluhan Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar
melalui pembelajaran kooperatif snowball throwing dengan media asli mata pelajaran
IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ampel 02 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan
jumlah siswa 25 anak, terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan, Pengambilan data
dalam  penelitian  ini dilaksanakan  di  SDN Ampel 02  Kecamatan Wuluhan,  dimulai
pada tanggal 11 Januari 2011 sampai tanggal 22 Januari 2011. Desain penelitian yang
digunakan  adalah Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK). Pengumpulan  data telah
dilakukan  dengan metode  observasi,  tes, wawancara dan  dokumentasi.  Data  yang
telah  terkumpul  di  analisis  dengan  menggunakan  teknik  analisis  statistik  deskriptif,
data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran.
Kesimpulan  dari  penelitian  ini  diperoleh hasil  analisis aktivitas belajar siswa
selama  pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran  kooperatif snowball  throwing
dengan  media  asli pada pembelajaran  siklus  1  diperoleh  55,33%  dan  pembelajaran
siklus  2  memperoleh  76,67%,  sehingga  mengalami  peningkatan  sebanyak  21,34%.
Kemudian analisis hasil  belajar  IPA  juga  mengalami  peningkatan  yaitu  pada
pembelajaran siklus I sebesar 72%, ke siklus 2 sebesar 84% mengalami peningkatan
sebesar  12%.  Pemerolehan  hasil  akhir  dalam  penelitian  ini  dinyatakan  telah  sesuai
dengan  yang  diharapkan  oleh  peneliti  terbukti  dengan  hasil  analisis aktivitas belajar
siswa  selama  pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran  kooperatif snowball
throwing dengan  media  asli pada  siklus  2  mencapai 76,67%  yang  termasuk  kriteria
aktif,  sedangkan  pada  analisis  hasil  belajar  siklus  2  mencapai  84%  yang  termasuk
kriteria baik.
Saran  yang  dapat  diberikan  peneliti  untuk  pertimbangan  siswa  adalah
hendaknya  dijadikan  semangat  belajar  karena  dengan model snowball  throwing bisa
menemukan sesuatu hal yang baru dalam belajar di, bagi guru hendaknya lebih aktif
dalam  melakukan  inovasi  pembelajaran,  agar  siswa  tidak  merasa  bosan,  tidak
kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran, dan bagi sekolah,
hendaknya  sekolah  mendukung  penerapan pembelajaran  kooperatif snowball
throwing dengan media asli.