PROSEDUR AKUNTANSI PEMBERIAN DAN PELUNASAN KREDIT PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG JEMBER
Abstract
Dari pelaksanaan Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan di kantor PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember pada bidang Akuntansi khususnya pada pemberian dan pelunasan kredit, maka diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Prosedur Pemberian Barang
Nasabah datang ke PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember membawa barang jaminan dan diterima oleh petugas penaksir berikut kartu identitas nasabah, kemudian memeriksa barang jaminan serta menetapkan taksiran dan uang pinjaman pada Formulir Permintaan Kredit (FPK). Setelah itu penaksir mengisi dan mencetak Surat Bukti Kredit (SBK) dalam rangkap dua, Kitir (K) SBK lembar kedua ditempelkan bersamaan dengan Formulir Permintaan Kredit (FPK) pada barang jaminan.
Penaksir menyerahakan Surat Bukti Kredit (SBK) kepada kasir untuk menyiapkan pembayaran, kemudian nasabah menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK) dalam rangkap dua. Lembar pertama diserahkan kepada nasabah untuk dibawa pulang dan lembar kedua untuk arsip perusahaan. Selanjutnya, kasir membayar sejumlah uang kepada nasabah sesuai dengan yang tercantum pada Surat Bukti Kredit (SBK) tersebut.
Surat Bukti Kredit (SBK) lembar kedua diambil oleh bagian administrasi sebagai dasar untuk mengentry semua transksi pemberian kredit kedalam formulir yang terkait. Langkah berikutnya, bagian penyimpanan menerima Barang Jaminan (BJ) yang telah ditempeli Kitir (K) SBK lembar kedua dan Formulir Permintaan Kredit (FPK) dari penaksir untuk dicatat kedalam Barang Gudang (BG) selanjutnya Barang Jaminan (BJ) disimpan dalam gudang sesuai dengan golongan.
Collections
- DP-Accounting [658]