ANALISIS BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR TOSSA PADA PT. TOSSA NUSANTARA MOTOR CABANG LAMONGAN
Abstract
Penelitian dengan Judul Analisis Faktor-Faktor Yang mempengaruhi
Keputusan Pembelian sepeda motor Tossa Pada PT. Tossa Nusantara Motor
Cabang Lamonga dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh keputusan
pembelian terhadap produk, harga,. promosi, dan saluran distribusi.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para konsumen
yang membeli dan sekaligus pemakai sepeda motor Tossa yang ada di Lamongan.
Sampel yang diambil sebanyak 80 responden dengan tehnik purposive sampling.
Data yang dipergunakan adalah data primer yaitu data berdasarkan kuisioner
berdasarkan jawaban responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis
regresi linier berganda, asumsi klasik, koefisien determinasi berganda, koefisien
determinasi parsial, uji-t dan uji F.
Perhitungan perilaku konsumen menunjukkan ada empat variabel yaitu
variabel produk, harga, promosi, dan saluran distribusi, dimana perhitungan
dilakukan berdasarkan pengaruh secara simultan dan dapat dibuktikan dari hasil
uji F
hitung yang diperoleh sebesar 51,672 dengan signifikasi 0,000 pada level 5%,
hasil uji F ini lebih besar dari F
tabel sebesar 2,553. Besarnya pengaruh variabel
produk, harga, promosi, dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian
dapat dilihat dari nilai R
2
sebesar 73,4 dan sisanya 26,6 dipengaruhi oleh variabel
lain diluar penelitian ini. Hasil perhitungan dari analisis determinasi parsial
diketahui bahwa variabel produk mempunyai pengaruh dominan terhadap
keputusan pembelian pada PT. Tossa Nusantara Cabang lamongan
Hasil analisis
data menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi, dan saluran distribusi
mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Tossa.