• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN MANGUNHARJO 6 PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI SULAIHA A._001.pdf (204.2Kb)
    Date
    2013-10-30
    Author
    Sulaiha A.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran IPA di SDN Mangunharjo 6 Probolinggo menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan bersifat teacher centered, sehingga menimbulkan rasa bosan dalam pembelajaran. Pembelajaran yang nampak jelas dan terlihat dalam mata pelajaran IPA khususnya pokok bahasan gaya, yang seharusnya bisa dilakukan dengan berbagai metode pembelajaran, tetapi dilakukan secara konvensional sehingga pembelajaran sangat monoton dan mengakibatkan penurunan hasil belajar siswa. Secara tidak langsung hal ini juga berpengaruh pada aktivitas siswa, siswa yang seharusnya aktif dalam pembelajaran menjadi pasif karena siswa hanya duduk diam mendengarkan penjelasan dari guru, sehingga aktivitas belajar siswa masih tergolong rendah. Penerapan metode eksperimen dapat memberi kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial, meningkatkan kreativitas dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan melalui kegiatan percobaan dan diskusi kelompok, yang pada akhirnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan gaya melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Mangunharjo 6 Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011?; (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya melalui metode eksperimen ada siswa kelas IV SDN Mangunharjo 6 Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan gaya melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Mangunharjo 6 Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Mangunharjo 6 Probolinggo Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Mangunharjo 6 Probolinggo kelas IV yang berjumlah 45 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Desain penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 79,65% dan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 82,22%. Pada siklus II aktivitas siswa secara klasikal mencapai 90,18% dan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 96%. Aktivitas siswa dalam kelompok juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas kelompok pada siklus I sebesar 76,22%, sedangkan pada siklus II sebesar 87,65%. Berdasarkan data dari siklus II tersebut, maka siswa kelas IV telah mencapai persentase aktivitas secara klasikal, karena kelas dikatakan aktivitasnya baik bila terdapat minimal 70% dari jumlah siswa mendapat persentase individu minimal 70% dalam kelas itu. Sedangkan berdasarkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I dan Siklus II tersebut, maka siswa kelas IV telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal, karena kelas dikatakan tuntas belajar bila terdapat minimal 70% dari jumlah keseluruhan yang telah mencapai skor ≥ 72. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan gaya. Saran yang diberikan adalah bagi guru, metode eksperimen dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA. Bagi sekolah, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hendaknya menggunakan metode yang tepat agar siswa yang mengikuti proses belajar memperoleh hasil yang maksimal, dan bagi peneliti lain, dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1453
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository