ANALISIS STRATEGI POSITION AND ACTION AVOLUATIN(SPACE)MATRIK DAN PEDIKSI PANGSA PASAR SEBAGAI DASAR DALAM PENETAPAN STRATEGI PEMASARAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil prediksi pasar dilihat dari tingkat
pertumbuhan pasar, pangsa pasar dan pangsa pasar relatif perusahaan serta untuk menentukan
alternatif strategi pemasaran yang akan datang.
Jenis penelitian yang digunakan disini adalah penelitian empiris runtut waktu/historis yang
merupakan penelitian yang didasarkan pada fakta serta data yang didapat dari perusahaan. Sifat
penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif, yaitu dengan tidak melakukan
percobaan (eksperimen) pada objek penelitian, akan tetapi hanya memetakan produk dalam pasar
persaingan industrinya menurut matrik SPACE. Jenis data yang digunakan didalam penelitian
ini, yaitu data sekunder yang yang diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya tetapi melalui
sumber lain yang mempunyai kaitan langsung dengan masalah yang diteliti atau dengan kata lain
data yang diperoleh dari pihak kedua.Metode analisis data menggunakan trend kuadratik, market
share, tingkat pertumbuhan pasar dan market share relatif dan matrik SPACE.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil prediksi pasar menunjukkan bahwa tingkat
pertumbuhan pasar pada tahun 2007 untuk produk mie sohun Bintang Piring mengalami
penurunan sebesar 46%, mie sohun cap Golok sebesar 64,5% sedangkan mie sohun cap Burung
mengalami tingkat pertumbuhan sebesar 17,5%. PT. Bintang Mulya Jember mempunyai Market
Share sebesar 27,9% untuk mie sohun Bintang Piring, 0,2% untuk Cap Golok dan 2,4% untuk
mie sohun cap Burung. Pangsa pasar relatif PT. Bintang Mulya Jember dibandingkan dengan PT.
Lingkaran Mas Jember sebesar 1,001x untuk mie sohun Bintang Piring, 0,19x untuk mie sohun
Cap Golok dan 0,15x. Jika dibandingkan dengan PT. Jago Superior Jember sebesar 0,6x untuk
mie sohun Bintang Piring, 0,19x untuk mie sohun Cap Golok dan 0,17x untuk Mie Sohun Cap
Burung. Berdasarkan hasil matrik SPACE menunjukkan bahwa posisi PT. Bintang Mulya
Jember berada pada kuadran Kompetitif yang mengindikasikan strategi-strategi keunggulan
kompetitif (competitive advantage strategies) yang meliputi integrasi ke belakang, ke depan atau
horizontal, penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk dan joint venture.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Bintang Mulya Jember strategi
yang tepat adalah startegi Growth.