MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR DENGAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR PADA SISWA KELAS I SDN 3 SEMPU
Abstract
Keterampilan membaca merupakan salah satu bagian dari empat
keterampilan berbahasa yang diajarkan di sekolah. Keterampilan membaca
memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Dari hasil observasi di SDN
3 Sempu, telah ditemukan hasil dari kemampuan membaca lancar siswa yang
masih rendah. Pada saat siswa ditugaskan membaca di depan kelas masih banyak
siswa yang kurang lancar membaca. Contohnya siswa masih banyak yang
mengeja, salah eja, dan kurang bisa membedakan huruf.
Media kartu huruf bergambar adalah media visual sederhana berbentuk
persegi terbuat dari kertas yang berisi huruf dengan bermacam-macam warna dan
gambar-gambar yang menarik. Pembelajaran membaca menggunakan media kartu
huruf bergambar, dapat memancing minat siswa dalam mengikuti pembelajaran
membaca.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan
media kartu huruf bergambar yang dapat meningkatkan kemampuan membaca
lancar pada siswa kelas I SDN 3 Sempu Banyuwangi; (2) bagaimanakah
peningkatan kemampuan membaca lancar siswa setelah dilakukan pembelajaran
dengan media kartu huruf bergambar pada siswa kelas I SDN 3 Sempu
Banyuwangi. Tujuan dari penelitian adalah: (1) mendeskripsikan penerapan media
kartu huruf bergambar yang dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar
siswa kelas I SDN 3 Sempu Banyuwangi; (2) meningkatkan kemampuan
membaca lancar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan media kartu huruf
bergambar pada siswa kelas I SDN 3 Sempu Banyuwangi.Penelitian dilaksanakan di kelas I SDN 3 Sempu, subjek penelitian siswa
dan guru kelas I tahun pelajaran 2010/ 2011 dengan jumlah 20 siswa yang terdiri
dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua
siklus pada 23 Mei 2011 dan 27 Mei 2011. Setiap siklus terdiri dari tahap
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan.
Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah kegiatan membaca lacar siswa
serta aktivitas siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan beberapa
kegiatan dalam penerapan media kartu huruf bergambar pada pembelajaran
membaca. Penerapannya yaitu siswa sudah mampu mengenali huruf-huruf
alfabet, siswa sudah bisa membedakan huruf-huruf yang dianggap sama dengan
mengamati dan memahami media kartu huruf bergambar. Hasil observasi siklus I
data yang diperoleh adalah: a) persentase kemampuan membaca siswa mencapai
68 %. Kurangnya persentase kemampuan membaca lancar siswa, dapat
disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf bergambar belum dapat
dikatakan berhasil untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa.
Dengan adanya perbaikan pada siklus II, kartu huruf bergambar bisa dikatakan
berhasil untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Data yang
diperoleh dari observasi siklus II adalah: a) persentase kemampuan membaca
siswa mencapai 82 %. Jumlah siswa kelas I sebanyak 20 siswa, dengan 2 siswa
yang mendapatkan nilai membaca lancar di bawah SKM dan 18 siswa lainya
mendapat nilai di atas SKM.
Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan media
kartu huruf bergambar tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar
serta nilai kemampuan membaca siswa khususnya membaca lancar sudah
meningkat. Disarankan kepada guru kelas I, agar dapat menggunakan media kartu
huruf bergambar dalam pembelajaran membaca lancar.