Show simple item record

dc.contributor.authorSITI AISYAH NOER WAHYUNI
dc.date.accessioned2013-10-30T04:44:43Z
dc.date.available2013-10-30T04:44:43Z
dc.date.issued2013-10-30
dc.identifier.nimNIM080210204213
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1449
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan karena pengamatan awal di lapangan menunjukkan bahwa siswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide-ide pikiran mereka secara tertulis, siswa kesulitan untuk memilih kata dan merangkainya menjadi kalimat yang benar, dan sering salah dalam penggunaan ejaan. Guru selalu menerapkan teknik kerangka karangan untuk membantu siswa mengungkapkan gagasan mereka agar lebih tertib dan terarah. Namun hasil belajar siswa, baik secara individual maupun klasikal masih di bawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 60. Dari jumlah 40 siswa, sekitar 30% yang mendapatkan nilai 60 atau lebih. Bentuk upaya yang dilakukan dalam memformulasikan masalah kemampuan mengarang narasi pada siswa kelas V adalah dengan menggunakan metode “mind mapping” atau pemetaan pikiran. “Mind mapping” dikembangkan oleh Tony Busan (tahun 1970- an) yang didasari pada riset tentang bagaimana kerja otak yang sebenarnya. Otak manusia sering mengingat informasi dalam bentuk gambar, simbol, suara, bentuk- bentuk, dan perasaan. “Mind mapping” menggunakan pengingat-pengingat visual dan sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan seperti peta jalan yang digunakan untuk belajar, mengorganisasikan, dan merencanakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. bagaimanakah penerapan metode “mind mapping” dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01?, 2. Bagaimanakah hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01 setelah pembelajaran melalui metode “mind mapping”?. Tujuan Yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1. penerapan metode “mind mapping” dalam proses pembelajaran yang dipandang efektif untuk meningkatkan kreativitas menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01, 2. hasil belajar menulis karangan narasi kelas V SDN Jomerto 01 melalui penerapan metode “mind mapping”. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SDN Jomerto 01 dan diikuti oleh semua siswa kelas V sebanyak 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan dilakukan kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes berupa nilai siswa dalam menulis karangan narasi. Sumber data meliputi, guru kelas V dan siswa kelas V SDN Jomerto 01. Instrumen penelitian dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu: 1. instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar tugas mengarang, dan lembar pedoman wawancara, 2. instrumen analisis data berupa perbandingan hasil observasi dan hasil penilaian dari tes mengarang cerita narasi oleh siswa pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kreativitas mengarang narasi siswa kelas V SDN Jomerto 01 melalui metode “mind mapping” dapat meningkat setelah guru melakukan tindakan dengan membentuk kelompok disertai diskusi. Melalui diskusi, siswa yang cepat dan mudah menerima informasi cara membuat “mind mapping” dan pengembangannya akan membantu teman sekelompok yang lambat dalam menerima informasi. Hasil belajar mengarang narasi siswa kelas V mengalami peningkatan sebesar 2,5% tetapi persentase daya serap klasikal masih di bawah kriteria ketuntasan minimal 70%. Pada siklus I, sebanyak 12 siswa atau 30% mencapai ketuntasan belajar sedangkan 28 siswa atau 70% belum mencapai ketuntasan belajar dengan demikian keterampilan mengarang narasi belum ada peningkatan. Siklus II, ada sedikit peningkatan meskipun hanya sebanyak 13 siswa atau 32,5% mencapai ketuntasan belajar sedangkan 27 siswa atau 67,5% belum mencapai ketuntasan belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204213;
dc.subjectKETERAMPILAN MENGARANG NARASIen_US
dc.titlePENERAPAN METODE “MIND MAPPING” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG NARASI PADA SISWA KELAS V SDN JOMERTO 01 PATRANG JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record