PENGARUH PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI TERHADAP MINAT DAN PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI PADA KARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK
Abstract
Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) merupakan pendidikan tambahan
bagi seorang lulusan Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi yang ingin
mendapatkan sebutan Akuntan (Ak). Berdasarkan Surat Keputusan (SK)
Mendiknas No. 179/U/2001, lulusan PPAk berhak mendapatkan Register Negara
dan boleh mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP), dan berpeluang
meniti karir sebagai Akuntan Publik
Tujuan penelitian ini untuk menganalisa tingkat minat dan persepsi
mahasiswa senior – junior program S-1 Reguler, S-1 Ekstensi, dan program
Diploma 3 jurusan Akuntansi pada karir sebagai akuntan publik di Universitas
Jember. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan data primer, yaitu
dengan menyebar kuesioner kepada 150 mahasiswa senior – junior program S-1
Reguler, S-1 Ekstensi, dan program Diploma 3 jurusan Akuntansi di Universitas
Jember pada masa semester Genap terakhir. Kemudian hasil jawaban tersebut
diolah lebih lanjut. Metode digunakan dalam penelitian ini adalah statistik
deskriptif, uji regresi statisti logistik dan juga Independent Sample T-test.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dari 150 mahasiswa yang
menjadi sample, terdapat 46 mahasiswa senior yang memilih karir sebagai
akuntan publik dan 32 mahasiswa senior yang memilih karir sebagai non akuntan
publik sedangkan sample mahasiswa junior terdapat 38 mahasiswa memilih karir
sebagai akuntan publik dan 34 mahasiswa memilih karir sebagai non akuntan
publik. Hal ini menunjukan bahwa Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
mendapatkan respon yang sangat baik.