PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH ASURANSI JIWA PADA AJB BUMIPUTERA 1912 RAYON UTAMA JEMBER
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan
Nasabah Asuransi Jiwa Pada AJB Bumiputera 1912 Rayon Utama Jember”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap
kepuasan nasabah asuransi jiwa secara simultan dan parsial.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian penjelasan (explanatory
research) yakni menganalisis pengaruh antara kualitas layanan (bukti fisik,
keandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian) terhadap kepuasan nasabah dengan
menggunakan metode survai pada nasabah AJB Bumiputera 1912 Rayon Utama
Jember. Tehnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah
nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Data yang diperoleh
merupakan penilaian nasabah terhadap kualitas layanan yang disebarkan dalam
bentuk kuisioner.
Penelitian Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah
Asuransi Jiwa Pada AJB Bumiputera 1912 Rayon Utama Jember ini
menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Dari hasil Uji F diketahui
bahwa nilai F
hitung
(15,836) lebih besar dari F
(2,348), ini berarti secara
simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan dengan
kepuasan nasabah. Dari hasil uji t dapat diketahui bahwa diantara variabel kualitas
layanan yang terdiri dari variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan,
dan perhatian hanya variabel daya tanggap (2,625) dan perhatian (3,110) yang
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah karena nilainya lebih besar
dari t
hitung
vii
tabel
(1,9949) . Sedangkan tiga variabel lainnya yaitu bukti fisik (-0,246),
keandalan (1,323), dan jaminan (0,928) tidak memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap kepuasan nasabah karena nilainya lebih kecil dari t
(1,9949).