ANALISIS BRAND ASSOCIATION (ASOSIASI MEREK) PADA PRODUK SABUN MANDI MEREK LIFEBUOY, LUX, DAN NUVO DIKALANGAN MAHASISWA S.1 REGULER FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui respon konsumen
terhadap brand association produk sabun mandi (batangan/padat) pada Merek
Lifebuoy, Lux, dan Nuvo. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil
dari kuisioner pada responden Mahasiswa S.1 Reguler Fakultas Ekonomi
Universitas Jember tahun angkatan 2001-2005 yang mengikuti perkuliahan
semester gasal secara aktif pada tahun akademik 2005/2006 yang pernah atau
sedang menggunakan produk sabun mandi Merek Lifebuoy, Lux, dan Nuvo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data primer yang
berasal dari penyebaran kuisioner kepada responden. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 91 responden dengan menggunakan teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji reliabilitas
dengan Metode Spearman-Brown dan analisis brand association dengan Uji
Cohran. Hasil analisis dari uji reliabilitas Metode Spearman-Brown pada asosiasi
yang terkait dengan sabun mandi Merek Lifebuoy reliabel karena
yaitu
0,598 > 0,316. Asosiasi yang terkait dengan Lux juga reliabel yaitu 0,436 > 0,301.
Demikian pula asosiasi yang terkait dengan sabun mandi Merek Nuvo juga
reliabel karena 0,857 > 0,666.
Hasil Uji Cohran yang melekat pada sabun mandi Merek Lifebuoy adalah
merek sudah dikenal, mudah diperoleh, harga terjangkau, membersihkan tubuh
dari kuman, dan aman dikulit. Asosiasi yang melekat pada sabun mandi Merek
Lux adalah merek sudah dikenal, mudah diperoleh, harga terjangkau, banyak
pilihan, dan aman dikulit. Asosiasi yang melekat pada sabun mandi Merek Nuvo
adalah merek sudah dikenal, mudah diperoleh, harga terjangkau, banyak pilihan,
membersihkan tubuh dari kuman, aman dikulit, harum sabun mandi tahan lama,
dan menghaluskan kulit.