• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN PENDEKATAN KELOMPOK DAN BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MAN JEMBER 1 (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X1 IPS 2 Sub Pokok Bahasan Perdagangan Internasional Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011).

    Thumbnail
    View/Open
    Adil Frantoso.pdf (71.50Kb)
    Date
    2013-10-29
    Author
    Frantoso, Adil
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengelolaan kelas adalah ketrampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Gangguan dalam proses pembelajaran dapat terjadi akibat kurangnya semangat/ motivasi belajar siswa misalnya banyak siswa mengobrol, mengantuk, enggan mengerjakan tugas, kurang perhatian terhadap materi pelajaran yang sedang dibahas dan mengganggu siswa lain. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan adanya penerapan pengelolaan kelas menggunakan pendekatan kelompok dan bervariasi di MAN Jember 1 sub pokok bahasan perdagangan internasional semester genap tahun ajaran 2010/2011. Adanya permasalahan di atas maka perlu adanya penanganann khusus, yaitu dengan cara mengelola kelas dengan pendekatan kelompok dan bervariasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sacara kolaboratif dengan guru ekonomi MAN Jember I. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran guru. Penelitian ini dilakukan di MAN Jember I dengan populasi siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 20 siswi dan 13 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, test, wawancara, dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil observasi pada pra siklus yang dilakukan di kelas IPS 2 diperoleh skor rata-rata motivasi belajar 2,86 dengan kategori rendah, untuk siklus I skor rata-rata motivasi belajar siswa adalah 6,03 dengan kategori sedang dan untuk siklus II skor yang diperoleh mencapai 7,2 dengan kategori tinggi. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 33,39% dimana pada siklus I ini ketuntasan belajar siswa belum tercapai. Hal ini dikarenakan pada siklus pertama waktu yang tersedia sedikit hanya 25 menit untuk setiap jam pelajarannya karena terpotong dengan kegiatan try out kelas 3. Pada siklus II ada peningkatan ketuntasan belajar yang cukup berarti dimana ketuntasan belajar mencapai 86,21%. Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pengelolaan kelas dengan pendekatan kelompok dan bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1442
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository