PENERAPAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN PENDEKATAN KELOMPOK DAN BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MAN JEMBER 1 (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X1 IPS 2 Sub Pokok Bahasan Perdagangan Internasional Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011).
Abstract
Pengelolaan kelas adalah ketrampilan guru untuk menciptakan dan memelihara
kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam
proses belajar mengajar. Gangguan dalam proses pembelajaran dapat terjadi akibat
kurangnya semangat/ motivasi belajar siswa misalnya banyak siswa mengobrol,
mengantuk, enggan mengerjakan tugas, kurang perhatian terhadap materi pelajaran
yang sedang dibahas dan mengganggu siswa lain. Masalah yang dikaji dalam
penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
dengan adanya penerapan pengelolaan kelas menggunakan pendekatan kelompok dan
bervariasi di MAN Jember 1 sub pokok bahasan perdagangan internasional semester
genap tahun ajaran 2010/2011.
Adanya permasalahan di atas maka perlu adanya penanganann khusus, yaitu
dengan cara mengelola kelas dengan pendekatan kelompok dan bervariasi untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sacara kolaboratif
dengan guru ekonomi MAN Jember I. Tujuan penelitian ini adalah untuk
memperbaiki pembelajaran guru. Penelitian ini dilakukan di MAN Jember I dengan
populasi siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 yang berjumlah 33 siswa yang terdiri
dari 20 siswi dan 13 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, test,
wawancara, dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan
pendekatan kualitatif.
Hasil observasi pada pra siklus yang dilakukan di kelas IPS 2 diperoleh skor
rata-rata motivasi belajar 2,86 dengan kategori rendah, untuk siklus I skor rata-rata
motivasi belajar siswa adalah 6,03 dengan kategori sedang dan untuk siklus II skor
yang diperoleh mencapai 7,2 dengan kategori tinggi. Untuk ketuntasan hasil belajar
siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 33,39% dimana pada siklus I ini ketuntasan
belajar siswa belum tercapai. Hal ini dikarenakan pada siklus pertama waktu yang
tersedia sedikit hanya 25 menit untuk setiap jam pelajarannya karena terpotong
dengan kegiatan try out kelas 3. Pada siklus II ada peningkatan ketuntasan belajar
yang cukup berarti dimana ketuntasan belajar mencapai 86,21%. Dari pemaparan di
atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pengelolaan kelas dengan pendekatan
kelompok dan bervariasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas
XI IPS 2 MAN Jember 1.