• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Sub Pokok Bahasan Pajak Siswa Kelas VIII B di SMPN 5 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Adhitya Nofianto.pdf (224.2Kb)
    Date
    2013-10-29
    Author
    Nofianto, Adhitya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB semester genap SMP Negeri 5 Tanggul tahun ajaran 2010/2011. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan model SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa setelah pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif dengan model SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) . Pada siklus pertama, dari 39 siswa yang mengikuti ulangan ada 14 siswa yang masih mendapat nilai di bawah 75 yang ketuntasan klasikalnya hanya sebesar 64,1%. Sedangkan pada siklus II, dari 40 siswa yang mengikuti ulangan harian, hanya ada 7 siswa yang masih belum mencapai ketuntasan hasil belajar secara perorangan, berarti ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 82,5% dan telah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar. Oleh karena itu penerapan pembelajaran kooperatif dengan model SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1441
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository