PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Sub Pokok Bahasan Pajak Siswa Kelas VIII B di SMPN 5 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB semester genap SMP Negeri 5 Tanggul
tahun ajaran 2010/2011. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri
dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan
metode dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran
kooperatif dengan model SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari
nilai ulangan harian siswa setelah pembelajaran dengan penerapan pembelajaran
kooperatif dengan model SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) . Pada siklus
pertama, dari 39 siswa yang mengikuti ulangan ada 14 siswa yang masih mendapat
nilai di bawah 75 yang ketuntasan klasikalnya hanya sebesar 64,1%. Sedangkan pada
siklus II, dari 40 siswa yang mengikuti ulangan harian, hanya ada 7 siswa yang masih
belum mencapai ketuntasan hasil belajar secara perorangan, berarti ketuntasan hasil
belajar secara klasikal sebesar 82,5% dan telah memenuhi standar ketuntasan hasil
belajar. Oleh karena itu penerapan pembelajaran kooperatif dengan model SAVI
(somatis, auditori, visual, intelektual) dapat digunakan sebagai alternatif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa.