Show simple item record

dc.contributor.authorRizky Putri Anggraeni
dc.date.accessioned2013-10-29T06:34:44Z
dc.date.available2013-10-29T06:34:44Z
dc.date.issued2013-10-29
dc.identifier.nimNIM070210204128
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1439
dc.description.abstractPendidikan pada dasarnya adalah suatu upaya untuk memberi bekal pada peserta didik agar kelak dapat hidup mandiri di masyarakat, tanggap terhadap segala permasalahan serta memiliki keterampilan untuk menyelesaikan masalah. Dalam hal ini pendidikan matematika sangat layak untuk menerima tanggung jawab ini. Dalam rangka meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika, guru hendaknya memiliki kompetensi untuk memilih model pembelajaran yang tepat. Keterampilan siswa kelas V SDN Kupang Bondowoso dalam menyelesaikan soal cerita sangat rendah. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita disebabkan oleh siswa kurang memahami bahasa dan soal, kurang memahami operasi yang diperlukan, dan tidak dapat mengkaitkan penyelesaian kedalam masalah semula. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan pembelajaran model Polya yang terdiri dari 4 tahapan dalam menyelesaikan soal cerita yaitu, tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan mengecek kembali. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah deskripsi pelaksanaan pembelajaran model Polya yang dapat meningkatkan keterampilan soal cerita pada siswa kelas V SDN Kupang dan bagaimanakah peningkatan keterampilan siswa dalam memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan mengecek kembali. Tujuan meningkatakan keterampilan mengerjakan soal cerita siswa kelas V SDN Kupang tahun ajaran 2011/2012 dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam mengerjakan soal cerita melalui model polya pada siswa kelas V SDN Kupang tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan subyek penelitian sebanyak 15 siswa di SDN Kupang Kabupaten Bondowoso. Aspek yang menjadi indikator keberhasilan penelitian ini meliputi; Keterampilan memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan mengecek kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas guru, hasil pengerjaan LKS, dan tes akhir siklus. Hasil pelaksanaan siklus I pertemuan 1 aktivitas guru sebesar 59%, pertemuan 2 sebesar 77%, pertemuai 1 siklus II sebesar 91% dan pertemuan 2 sebesar 77%. Hasil pengerjaan LKS siklus I pada tahap memahami masalah sebesar 84,5%, membuat rencana 67%, melaksanakan rencana 66,5%, mengecek kembali 44,5%. Pada siklus II tahap memahami masalah sebesar 86%, membuat rencana 89,5%, melaksanakan rencana 81,5%, dan mengecek kembali 73%. Pada analisis hasil tes akhir, keterampilan memahami masalah meningkat sebesar 13,33%, keterampilan membuat rencana 14,67%, keterampilan melaksanakan rencana 13,33%, dan keterampilan mengecek kembali sebesar 13,33%. ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I hanya sebesar 53,33% dan pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 86,7%. Setelah peneliti menggunakan model Polya maka keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada data masing-masing siklus, secara garis besar peningkatan keberhasilan rata-rata indikator keterampilan menyelesaikan soal cerita dari kondisi awal ke siklus I yaitu dari 40% menjadi 53,33%, peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 juga cukup baik yaitu dari 53,33% menjadi 86,7%. Penggunaan model Polya terbukti dapat meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika pada kelas V SDN Kupang Bondowoso tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, khususnya yang berkaitan dengan pemilihan model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204128;
dc.subjectSOAL CERITA ,MODEL POLYAen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI MODEL POLYA PADA SISWA KELAS V SDN KUPANG KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record