• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN LEMBENGAN 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Riyanda O. D. Hariyadi_001.pdf (687.4Kb)
    Date
    2013-10-29
    Author
    RIYANDA OKTA DEWI HARIYADI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan IPA menekankan pada pemberian pengalaman belajar langsung pada siswa dengan tujuan agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Pelaksanaan pembelajaran IPA hendaknya menempatkan aktivitas nyata bagi anak, memberi kesempatan anak untuk bersentuhan langsung dengan obyek yang akan atau sedang dipelajarinya. Fakta di lapangan berbeda dengan yang diharapkan peneliti. Hasil observasi di SDN Lembengan 01 menunjukkan bahwa pelajaran masih didominasi oleh guru, siswa kurang aktif dalam menjawab pertanyaan, materi IPA tidak pernah diajarkan dengan percobaan dan guru tidak memberi umpan balik pada siswa yang aktif Permasalahan yang ada di SDN Lembengan 01 menggugah peneliti menggunakan metode eksperimen dalam mengatasi masalah yang ada. Metode eksperimen dianggap cocok untuk pembelajaran ini karena metode eksperimen dalam penyajian pelajarannya menuntut siswa melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajarinya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan wujud benda melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Lembengan 01 Jember. Penerapan metode eksperimen ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SD Negeri Lembengan 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang aktivitas siswa pada siklus I dalam proses pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan wujud benda dengan menggunakan metode eksperimen yaitu siswa dalam kategori sangat aktif sebanyak 21 siswa, aktif sebanyak 2 siswa, cukup aktif sebanyak 1 siswa dan tidak aktif tidak ada. Penelitian pada siklus II diperoleh data tentang aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan wujud benda dengan menggunakan metode eksperimen yaitu siswa dalam kategori sangat aktif sebanyak 23 siswa, aktif sebanyak 1 siswa, cukup aktif dan tidak aktif tidak ada. Penerapan metode eksperimen menampakkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Siklus I diperoleh data daya serap siswa (klasikal) sebesar 81,04% dan ketuntasan klasikal sebesar 75%. Hasil dari siklus I tidak seperti yang diharapkan yaitu >80 sehingga perlu diadakan perbaikan pada siklus berikutnya. Penelitian pada Siklus II diperoleh data, daya serap siswa (klasikal) sebesar 84,37% dan ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Penelitian pada siklus II ternyata hasil belajar siswa sudah seperti yang diharapkan yaitu >80 jadi pembelajaran dihentikan pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode eksperimen juga dapat dikatakan dapat digunakan sebagai metode alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA hendaknya siswa dillibatkan langsung dalam mencari dan menemukan sendiri apa yang sedang dipelajari.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1438
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository