MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA DAN GAMBAR DISERTAI KATA PETUNJUK SISWA KELAS I SDN SUMBER PINANG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Membaca  permulaan  di  kelas  I  SD  merupakan  tahapan  proses  belajar 
membaca  bagi  siswa  untuk  menghadapi  kelas  berikutnya,  dan  akan  berpengaruh 
terhadap  prestasi  belajar  siswa.  Hasil  observasi  di  kelas,  siswa  kelas  I  mengalami 
kesulitan  dalam  membaca.Dari  41  siswa  terdapat  20  siswa  bias  membaca  dengan 
lancer  dan  21  siswa  lainnya  masih  mengeja.  Untuk  mengatasi  kesulitan  membaca 
tersebut, diperlukan penggunaan media kartu kata dan gambar disertai kata petunjuk 
karena  dengan  media  kartu  kata  dan  gambar  anak  akan  lebih  tertarik  untuk  belajar. 
Rumusan  masalah  pada  penelitian  ini  adalah  (1)  bagaimanakah  proses  penerapan 
penggunaan  media  kartu  kata  dan  gambar  disertai  kata  petunjuk  yang  dapat 
meningkatkan  kemampuan  membaca  permulaan  siswa  kelas  I  SDN  Sumber  Pinang 
03  ?  (2)  Bagaimanakah  peningkatan  kemampuan  membaca  permulaan  siswa  kelas  I 
SDN  Sumber  Pinang  03  setelah  dilaksanakan  pembelajaran  menggunakan  media 
kartu kata dan gambar disertai kata petunjuk ?. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas 
ini  adalah  untuk  mendeskripsikan  proses  penggunaan  media  kartu  kata  dan  gambar 
disertai  kata  petunjuk  yang  dapat  meningkatkan  kemampuan  membaca  permulaan, 
untuk  mengetahui  peningkatan  kemampuan  membaca  permulaan  siswa  kelas  I  SDN 
Sumber Pinang 03 setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan media kartu kata 
dan gambar disertai kata petunjuk.  
Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK). 
Prosedur  penelitian  dilaksanakan  2  siklus.  Masing-masing  siklus  terdiri  atas  empat 
tahap,  yaitu  perencanaan,pelaksanaan  tindakan,  penamatan  dan  refleksi.  Penelitian dilaksanakan  di  kelas  I  SDN  Sumber  Pinang  03.  Teknik  pengumpulan  data  yang 
digunakan  adalah  dengan  observasi,  wawancara,  dokumentasi  dan  tes.  Instrumen 
penelitian  yang  digunakan  adalah  lembar  pengamatan  guru  dan  siswa,  pedoman 
wawancara, soal tes, RPP, biodata siswa dan daftar nilai ulangan harian 
Hasil    pada  silus  I,  guru  menempelkan  sebuah  gambar,  kemudian  guru 
meminta siswa untuk memilih kartu kata dan menempelkannya di papan  tulis sesuai 
dengan  gambar  yang  sebelumnya  sudah  dipersiapkan  di  meja  guru,  kemudian  siswa 
yang  lain  membacanya  dengan  nyaring.  Pada  siklus  I,  siswa  masih  kesulitan  dalam 
membaca walaupun demikian sudah ada peninkatan dari pra siklus ( 48,7% menjadi 
63,4% siswa tuntas ).. Pada siklus II, guru membagikan media kartu kata pda siswa, 
masing-masing  siswa  mendapat  2  kartu  kata  yang  berbeda  dan  berwarna-warni, 
kemudian guru menempelkan sebuah gambar yang di bawahnya diberi tulisan ini atau 
itu.  Siswa  yang  mendapat  kartu  kata  yang  sesuai  dengan  gambar  diberi  kesempatan 
untuk menempelkannya dan membaca dengan nyaring Pada akhir pembelajaran siswa 
diberi  tes  membaca  nyaring  dibantu  dengan  penggunaan  media  kartu  kata  dan 
gambar.  Kemampuan  siswa  dalam  melafalkan  kata  sudah  lebih  baik,  sehingga 
kelancaran membaca siswa mengalami peningkatan. 
Pada  siklus  I,  kegiatan  perencanaan  belum  terlaksana  dengan  baik,guru 
kurang  menguasai  kelas  sehingga  siswa  masih  ramai  .Pada  siklus  II  perencanaan 
menjadi lebih baik, pemilihan materi sesuai dengan soal evaluasi siswa. Pada siklus I 
siswa melaksanakan tes membaca nyaring dengan memilih kartu kata yang ditumpuk 
di  meja  guru.  Berdasrkan  hasil  evaluasi  siklus  I  siswa  tuntas  sebanyak  26  siswa 
(63,4%)  dengan  rata-rata  kelas  72,1.  Pada  siklus  II  ,  hasil  tes  siswa  mengalami 
peningkatan.  Siswa  tuntas  sebanyak  38  siswa  (92,7%)  dengan  rata-rata  kelas  85,1. 
Berdasarkan  hasil  penelitian  dan  kesimpulan,  peneliti  memberi  saran  kepada  guru 
kelas  I  SD,  jika  menggunakan  media  kartu  kata  dan  gambar  disertai  kata  petunjuk 
hendaknya  bisa  menguasai  kelas  dengan  baik  dan  mempersiapkan  materi  membaca 
permlaan dengan baik dengan alokasi waktu yang efektif
