PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN LUAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Yang Listed Di BEI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan luas pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel moderating. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Indonesia Stock Exchange (IDX) dalam rentang tahun 2008-2011. Sampel penelitian adalah sebanyak 31 perusahaan dengan 124 observasi. Nilai perusahaan diukur dengan Tobin’s Q dan kinerja keuangan diukur dengan return on equity (ROE) dan current ratio (CR). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Moderated Regression Analysis (MRA). Data yang diperoleh kemudian diproses dan dianalisis dengan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ROE memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan CR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Luas pengungkapan corporate social responsibility merupakan variabel moderating yang mampu memoderasi pengaruh kinerja keuangan yang diukur dengan ROE terhadap nilai perusahaan.