• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STUDI KOMPARASI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KASUS PEMEKARAN WILAYAH KECAMATAN MAYANGAN DAN KANIGARAN, KOTA PROBOLINGGO

    Thumbnail
    View/Open
    2_1.pdf (935.4Kb)
    Date
    2014-01-14
    Author
    Prita Rosalina Destrianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Semenjak diberlakukannya Undang-Undang No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah yang kemudian direvisi menjadi Undang-Undang No. 32 tahun 2004, berbagai pemikiran inovatif terus dilakukan oleh bangsa Indonesia, misalnya dengan jalan mewujudkan pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi dalam rangka peningkatan pelayanan publik. Salah satu caranya dengan melakukan pemekaran daerah atau pemekaran wilayah. Seperti yang terjadi di kota Probolinggo, di mana pemekaran yang terjadi di kota Probolinggo adalah pemekaran wilayah administrasi, yaitu wilayah kecamatan Mayangan. Pemekaran wilayah kecamatan di kota Probolinggo terjadi tahun 2008 sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Probolinggo No. 20 tahun 2006 tentang Penataan dan Pengembangan Kelembagaan Kecamatan (Pemekaran Wilayah Kecamatan). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1. Apakah ada perbedaan kualitas pelayanan yang dirasakan oleh masyarakat Mayangan dan masyarakat Kanigaran? 2. Apakah ada perbedaan kualitas pelayanan yang dirasakan oleh masyarakat Mayangan, antara sebelum dan sesudah dimekarkannya kecamatan Mayangan menjadi kecamatan Mayangan dan kecamatan Kanigaran? 3. Apakah ada perbedaan kualitas pelayanan yang dirasakan masyarakat kecamatan Kanigaran, antara sebelum dan setelah dimekarkannya kecamatan Mayangan menjadi kecamatan Kanigaran? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan eksplanasi dampak pemekaran wilayah terhadap kualitas pelayanan dengan memakai pemekaran wilayah kecamatan Mayangan dan Kanigaran, kota Probolinggo sebagai kasus. Data yang digunakan berupa data primer yang dianalisis secara diskriptif kuantitatif dan data sekunder diambil dari kecamatan Mayangan dan kecamatan Kanigaran. Rancangan penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan mengambil data dari para responden melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan dua analisis data. Analisis utama dalam penelitian ini menggunakan analisis data dua sampel independen dengan tes Chi Square. Analisis tambahan pertama dan kedua dalam penelitian ini menggunakan analisis data dua sampel berhubungan dengan tes McNemar. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui dan membuktikan ada tidaknya dampak dari pemekaran wilayah kecamatan terhadap kualitas pelayanan di kota Probolinggo. Penelitian ini menetapkan taraf kesalahan sebesar 5%. Setelah perhitungan analisis data selesai, maka hasil x 2 tersebut dibandingkan dengan nilai C dalam tabel. Jika hasil hitung lebih besar dari tabel, maka H a diterima dan H ditolak, begitu sebaliknya. Dari hasil penelitian ini di dapatkan hasil analisis data sebagai berikut.1. Analisis data utama dengan tes Chi Square menunjukkan nilai x tabel sebesar 3,84 sedangkan x 2 hitung sebesar 2,40. Hal ini menunjukkan bahwa x hitung lebih kecil dari x 2 tabel (2,40 < 3,84), maka dapat dinyatakan bahwa tidak ada dampak signifikan dari adanya pemekaran wilayah kecamatan terhadap kualitas pelayanan di kota Probolinggo, khususnya bagi masyarakat yang pernah menerima layanan sedikitnya 2x layanan di kecamatan Mayangan dan yang pernah menerima layanan sedikitnya 2x layanan di kecamatan Kanigaran. 2. Analisis data tambahan pertama dengan tes McNemar menunjukkan nilai x tabel sebesar 3,84 sedangkan x bahwa x 2 2 2 hitung sebesar 11,25. Hal ini menunjukkan hitung lebih besar dari x 2 tabel (11,25 > 3,84), maka dapat dinyatakan bahwa terdapat dampak signifikan dari adanya pemekaran wilayah kecamatan terhadap kualitas pelayanan di kota Probolinggo, khususnya bagi masyarakat yang pernah menerima layanan sedikitnya 2x layanan di kecamatan Mayangan lama (sebelum pemekaran) dan pernah menerima layanan sedikitnya 2x layanan di kecamatan Mayangan baru (setelah pemekaran). 3. Analisis data tambahan kedua dengan tes McNemar menunjukkan nilai x tabel sebesar 3,84 sedangkan x ix 2 hitung sebesar 7,2. Hal ini menunjukkan bahwa x 2 hitung lebih besar dari x 2 tabel (7,2 > 3,84), maka dapat dinyatakan bahwa ada dampak signifikan dari adanya pemekaran wilayah kecamatan terhadap kualitas pelayanan di kota Probolinggo, khususnya bagi masyarakat yang pernah menerima layanan sedikitnya 2x layanan di Mayangan lama (sebelum pemekaran) dan pernah menerima layanan sedikitnya 2x layanan di kecamatan Mayangan baru (kecamatan Kanigaran).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14334
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5682]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository