• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN KESILIR 02 KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Ratna Komala Sari_001.pdf (363.9Kb)
    Date
    2013-10-29
    Author
    Ratna Komala Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan suatu hal yang mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap umat manusia untuk menghadapi kerasnya hidup dan beratnya tantangan di masa yang akan datang. Salah satu satu cara yang ditempuh adalah dengan memajukan dunia pendidikan nasional, melalui peningkatan mutu dan kualitas pendidikan serta memperluas akses pendidikan untuk masyarakat. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kesilir 02 Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Kondisi yang terjadi pada siswa kelas IV bahwasannya siswa kurang menguasai materi dari konsep IPS yang diajarkan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Ketika proses pembelajaran IPS sedang berlangsung masih banyak siswa yang enggan untuk mengikuti pelajaran. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa siswa yang berbicara sendiri, mondar-mandir, banyak siswa yang bermain sendiri dengan teman sebangkunya, dan enggan mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan model pembelajaran yang menyenangkan yaitu model course review horay. Model course review horay merupakan suatu model pembelajaran dengan pengujian pemahaman menggunakan kotak yang diisi dengan nomor untuk menuliskan jawabannya, yang paling dulu mendapatkan tanda benar secara vertikal, horisontal, atau diagonal langsung berteriak horay (hore). Penggunaan model course review horay ini sengaja peneliti pilih karena ingin menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak’hore!’ atau yel-yel lainnya yang disukai. Rumusan masalah yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah penggunaan model course review horay dapat meningkatkan motivasi belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan?, (2) bagaimanakah penggunaan model course review horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan? Tujuan penelitian yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah : (1) meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model course review horay pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan, (2) meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model course review horay pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penggunaan model course review horay dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Wuluhan tahun pelajaran 2010-2011, yaitu skor rata-rata yang diperoleh sebelum adanya tindakan sebesar 38,26%, siklus I sebesar 53,64%, siklus II sebesar 60,22%. (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan ketuntasan klasikal sebesar 30,43%, siklus I sebesar 56,52%, siklus II sebesar 78,26%. Saran-saran yang dapat diberikan adalah : (1) diharapkan guru dapat menggunakan model course review horay sebagai alternatif dalam proses pembelajaran, (2) bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami materi, (3) penelitian ini bisa memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan terutama di SDN Kesilir 02 Wuluhan khususnya, (4) penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis menggunakan model course review horay.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1433
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15405]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository