PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SDN KESILIR 02 KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Abstract
Pendidikan  merupakan  suatu  hal  yang  mutlak  yang  harus  dipenuhi  oleh  setiap 
umat  manusia  untuk  menghadapi  kerasnya  hidup  dan  beratnya  tantangan  di  masa 
yang  akan  datang.  Salah  satu  satu  cara  yang  ditempuh  adalah  dengan  memajukan 
dunia  pendidikan  nasional,  melalui  peningkatan  mutu  dan  kualitas  pendidikan  serta 
memperluas akses pendidikan untuk masyarakat. 
Ilmu  Pengetahuan  Sosial  (IPS)  adalah  bidang  studi  yang  mempelajari, 
menelaah,  menganalisis  gejala  dan  masalah  sosial  di  masyarakat  dengan  meninjau 
dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan.  
Penelitian  ini  dilaksanakan  di  SDN  Kesilir  02  Wuluhan  Kabupaten  Jember 
Tahun  Pelajaran  2010-2011  dengan  jumlah  siswa  sebanyak  23  siswa.  Kondisi  yang 
terjadi pada siswa kelas IV bahwasannya siswa kurang menguasai materi dari konsep 
IPS  yang  diajarkan  mengakibatkan  rendahnya  hasil  belajar  siswa.  Ketika  proses 
pembelajaran  IPS  sedang  berlangsung  masih  banyak  siswa  yang  enggan  untuk 
mengikuti pelajaran. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa siswa yang berbicara 
sendiri,  mondar-mandir,  banyak  siswa  yang  bermain  sendiri  dengan  teman 
sebangkunya,  dan  enggan  mengerjakan  tugas  yang  telah  diberikan  oleh  guru.  Cara 
yang  digunakan  untuk  mengatasi  permasalahan  tersebut  maka  digunakan  model 
pembelajaran  yang  menyenangkan  yaitu  model  course  review  horay.  Model  course 
review  horay  merupakan  suatu  model  pembelajaran  dengan  pengujian  pemahaman 
menggunakan  kotak  yang  diisi  dengan  nomor  untuk  menuliskan  jawabannya,  yang 
paling  dulu  mendapatkan  tanda  benar  secara  vertikal,  horisontal,  atau  diagonal 
langsung berteriak horay (hore). Penggunaan model course review horay ini sengaja peneliti  pilih  karena  ingin  menciptakan  suasana  kelas  menjadi  meriah  dan 
menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut 
diwajibkan berteriak’hore!’ atau yel-yel lainnya yang disukai.  
Rumusan  masalah  yang  ingin  dicapai  pada  penelitian  ini  adalah  :  (1) 
bagaimanakah penggunaan model course review horay dapat meningkatkan motivasi 
belajar  IPS  Pokok  Bahasan  Perkembangan  Teknologi  pada  siswa  kelas  IV  SDN 
Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan?, (2) bagaimanakah penggunaan model course review 
horay  dapat  meningkatkan  hasil  belajar    IPS  Pokok  Bahasan  Perkembangan 
Teknologi pada siswa kelas IV SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan? 
Tujuan  penelitian  yang  ingin  dicapai  pada  penelitian  ini  adalah  :  (1) 
meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model course review horay 
pada  siswa  kelas  IV  SDN  Kesilir  02  Kecamatan  Wuluhan,  (2)  meningkatkan  hasil 
belajar  siswa  dengan  menerapkan  model  course  review  horay  pada  siswa  kelas  IV 
SDN Kesilir 02 Kecamatan Wuluhan. 
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  sebagai  berikut  :  (1) 
penggunaan  model  course  review  horay  dapat  meningkatkan  motivasi  belajar  IPS 
pokok  bahasan  perkembangan  teknologi  pada  siswa  kelas  IV  SDN  Kesilir  02 
Wuluhan  tahun  pelajaran  2010-2011,  yaitu  skor  rata-rata  yang  diperoleh  sebelum 
adanya  tindakan  sebesar  38,26%,  siklus  I  sebesar  53,64%,  siklus  II  sebesar  60,22%. 
(2) Hasil belajar siswa  mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan 
klasikal  sebelum  tindakan  dan  pelaksanaan  siklus.  Sebelum  tindakan  ketuntasan 
klasikal sebesar 30,43%, siklus I sebesar 56,52%, siklus II sebesar 78,26%. 
Saran-saran  yang  dapat  diberikan  adalah  :  (1)  diharapkan  guru  dapat 
menggunakan  model  course  review  horay  sebagai  alternatif  dalam  proses 
pembelajaran,  (2)  bagi  siswa  yang  mengalami  kesulitan  hendaknya  diberikan  suatu 
bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami materi, (3) penelitian ini bisa 
memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan 
mutu pendidikan terutama  di  SDN  Kesilir 02  Wuluhan khususnya, (4) penelitian ini 
dapat  dijadikan  acuan  untuk  mengadakan  penelitian  yang  sejenis  menggunakan 
model course review horay.
