dc.description.abstract | Motivasi belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS berdampak pada
rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah
metode mengajar guru yang kurang membangkitkan motivasi belajar siswa. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa
melalui metode diskusi kelompok.
Penelitian ini dilakukan di SDN Bagon 01 kecamatan puger. Penentuan
subyek menggunakan metode populasi, yaitu di kelas V dengan jumlah siswa
sebanyak 22 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas V dan guru kelas
V, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru kelas V berupa data hasil wawancara.
Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Kemmis dan
Mc Taggrat (dalam Arikunto, 2006: 97), dengan tahap penelitian yang meliputi
perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi
(observation), dan melakukan refleksi (reflekstion). Untuk memperoleh data dalam
penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa
data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan anallisis data kualitatif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
motivasi dan prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan skor rata-rata motivasi belajar
siswa sebesar 2,547 dengan kriteria rendah, sedangkan prestasi belajar siswa
menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 36,36%. Pada siklus 1,
motivasi belajar siswa meningkat menjadi 3,154 dengan kriteria sedang, dan prestasi
belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 63,63%. Pada siklus 2, motivasi dan prestasi belajar siswa semakin meningkat dengan skor
rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 3,809 dengan kriteria tinggi. Peningkatan
tersebut searah dengan peningkatan pretasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan
ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 81,81%.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya
peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V
SDN Bagon 01 kecamatan Puger tahun pelajaran 2011/2012. Dan saran yang dapat
diberikan dari hasil kesimpulan diatas adalah bagi siswa, hendaknya siswa mampu
menerapkan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran yang berlangsung
disekolah untuk pokok bahasan yang sesuai dengan karakteristik metode diskusi
kelompok dan juga mampu bersosialisasi dalam kegiatan pembelajarannya. Bagi
guru, berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menggunakan metode diskusi
kelompok diharapkan guru mampu menerapkan dan mengembangkan pembelajaran
yang sesuai dengan pembelajaran diskusi kelompok bidang studi IPS maupun bidang
studi yang lain sebagai upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Bagi
peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan
sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada akhirnya benar-benar
dapat bermanfaat bagi kemajuan siswa dan dunia pendidikan. | en_US |