dc.description.abstract | Menulis adalah suatu kegiatan penyampaian pesan kepada orang lain dengan
menggunakan simbol-simbol bahasa secara tertulis sehingga pesan yang disampaikan
oleh penulis dapat dipahami oleh pembaca. Manfaat yang dapat dipetik dari menulis
antara lain untuk peningkatan kecerdasan, peningkatan daya inisiatif dan kreativitas, dan
pendorong kemauan serta kemampuan mengumpulkan informasi. Pembelajaran menulis
karangan deskripsi selain membantu meningkatkan kecerdasan, daya inisiatif dan
kreativitas, juga dapat mendorong kemauan serta kemampuan mengumpulkan informasi.
Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru kelas V SDN Sumberpakem 2
Bondowoso, diketahui bahwa aktivitas dan kemampuan siswa dalam menulis karangan
deskripsi masih rendah. Aktivitas belajar siswa dikatakan rendah karena siswa kurang
aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan kemampuan menulis karangan deskripsi
siswa dikatakan masih rendah dikarenakan antara lain:1) mayoritas karangan deskripsi
yang dibuat oleh siswa tidak memiliki judul yang tepat, 2) isi karangan seolah-olah
merupakan karangan narasi, 3) dalam menggambarkan sebuah objek, siswa kurang
memberikan informasi yang jelas kepada pembaca.
Aktivitas dan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa dapat ditingkatkan
jika digunakan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang digunakan
yaitu dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Pemilihan sumber
belajar lingkungan dalam menulis karangan deskripsi memiliki alasan yaitu memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengamati objek secara langsung, menumbuhkan rasa
senang ketika proses menulis, dan mendorong siswa untuk berinteraksi dengan siswa
yang lain dalam proses identifikasi objek. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimanakah proses peningkatan
kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan sumber belajar lingkungan
pada siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso?, 2) bagaimanakah aktivitas belajar
siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso pada kegiatan menulis karangan
deskripsi ketika menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar?, dan 3) bagaimanakah
kemampuan siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso dalam menulis karangan
deskripsi setelah menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan
menulis karangan deskripsi dengan menggunakan sumber belajar lingkungan pada siswa
kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso, 2) meningkatkan aktivitas siswa pada
kegiatan menulis karangan deskripsi ketika menggunakan lingkungan sebagai sumber
belajar pada siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso, 3) meningkatkan
kemampuan menulis karangan deskripsi setelah menggunakan sumber belajar lingkungan
pada siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Sumberpakem 2 Bondowoso yang berjumlah 20
siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu berdasarkan analisis terhadap aktivitas siswa, diketahui
bahwa pada siklus I persentase aktivitas klasikal mencapai 70% dengan kategori sangat
aktif dan aktif, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas klasikal mencapai 90%
dengan kategori sangat aktif dan aktif. Selain itu, kemampuan siswa dalam menulis
karangan deskripsi juga mengalami peningkatan yaitu karangan siswa sebagian besar
sudah memiliki judul yang tepat dan karangan yang dihasilkan telah mencerminkan
karangan deskripsi yang memberikan informasi secara jelas kepada pembaca. Persentase
hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65% dengan rata-rata nilai 64, sedangkan pada
siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar 85% dengan rata-rata nilai 71,3.
Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian ini yaitu sumber belajar lingkungan
dapat dijadikan sebagai alternatif sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan
kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. | en_US |