Show simple item record

dc.contributor.authorWiwin Ika Rahmawati
dc.date.accessioned2014-01-13T05:57:51Z
dc.date.available2014-01-13T05:57:51Z
dc.date.issued2014-01-13
dc.identifier.nimNIM080210204115
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14144
dc.description.abstractPembelajaran IPA di SDN Dukuhdempok 06 Wuluhan masih dikategorikan rendah, hal ini terlihat dari rendahnya motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV, dikarenakan guru jarang memberikan tugas kelompok pada siswa, materi diajarkan berdasarkan buku dan bukan dari pengalaman siswa pembagian kelompok tidak heterogen, guru membagi siswa berdasarkan tempat duduknya saja, dan guru kurang memberikan penguatan serta pujian kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyan guru. Berdasarkan data tersebut perlu adanya inovasi terhadap pembelajaran IPA, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media papan flannel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dengan menggunakan media papan flannel dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPA, dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dengan menggunakan media papan flannel dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA bagi siswa kelas IV SD Negeri Dukuhdempok 06 Wuluhan Jember semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Lokasi penelitian adalah SD Negeri Dukuhdempok 06 Wuluhan dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 16 siswa terdiri atas 6 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Model penelitian tindakan menggunakan model berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif.  Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari persentase angket motivasi belajar mengalami peningkatan tiap siklus. Pada siklus I yaitu siswa yang tidak tertarik 6,25% pada siklus II menjadi 0%, persentase tertarik dari 68,75%, pada siklus II menjadi 62,5%, dan sangat tertarik dari 25% menjadi 37,5%. Adapun data hasil post-test tiap siklus diperoleh data peningkatan hasil belajar siswa pada nilai sebelum tindakan persentase ketuntasan klasikal adalah 43,7% (tidak tuntas), pada siklus I meningkat menjadi 56,25% (tidak tuntas), dan siklus II menjadi 93,75% (tuntas). Jadi kesimpulannya bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournaments) dengan media papan flannel dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA bagi siswa kelas IV SDN Dukuhdempok 06 Wuluhan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204115;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGTen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DENGAN MEDIA PAPAN FLANNEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA (Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas IV Semester Gasal SDN Dukuhdempok 06 Wuluhan Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record